Cuaca Buruk, 2 Kapal Cepat Gresik-Bawean Tak Beroperasi

0
619 views

BeritaGresik.com – Cuaca buruk dan gelombang tinggi hingga tiga meter di perairan laut Jawa dan Bawean membuat penyebrangan Gresik-Bawean lumpuh. Dua kapal cepat yang biasa melayani penyebrangan Gresik menuju Bawean terpaksa tidak diperbolehkan berlayar.

Sejak lima hari yang lalu kapal yang biasa mengangkut penumpang itu hanya mampu bersandar di dermaga pelabuhan Gresik. Demi keselamatan, KSOP mengimbau hanya kapal yang berbobot mati 1000 GT yang dibolehkan berlayar.

Kondisi gelombang tinggi di perairan laut Jawa dan Pulau Bawean mulai terjadi sejak Kamis (6/8) yang lalu hingga hari ini. Akibatnya alur penyeberangan Gresik menuju pulau Bawen lumpuh.

“sejak hari kamis kapal penumpang cepat tidak bisa melayani penumpang akibat gelombang setinggi 3,5 m berdasarkan data dari BMKG sehingga KSOP Gresik melarang kapal berlayar,” kata Nanang Afandi Humas KSOP Gresik, Selasa (11/8).

Pihak KSOP juga menyampaikan imbauan penundaan berlayar hingga waktu yang belum ditentukan. Para calon penumpang diarahkan kepelabuhan Paciran dan Tanjung Perak Surabaya agar tidak terus menunggu di Pelabuhan Gresik.

Begitu juga pihak terkait yang mampu membawa penumpang dari 2000 mahasiswa dari Institut Teknologi Surabaya yang akan mengikuti acara gelaran Indonesia Maritim Celenger.

Sesuai spesifikasi kapal, menurut Nanang hanya boleh berlayar ketika gelombang laut maksimal 2 m, meskipun kapal tersebut terbuat dari almunium. Larangan ini diberlakukan karena demi keselamatan, kapal, barang dan penumpang. [wan]