Pengawasan Lemah, Limbah Industri di Gresik Mengkhawatirkan

Aliran sungai di Gresik terlihat kotor dan bau. (Foto: BG/Wan)

Aliran sungai di Gresik terlihat kotor dan bau. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Sejumlah titik aliran sungai dan pantai di Gresik terlihat kotor disertai bau menyengat. Hal ini salah satunya disebabkan puluhan pabrik industri di Gresik belum memiliki tempat pembuangan limbah, sehingga jumlah beban limbah B3 industri di Gresik mencapai sebanyak 12,9 jua ton per tahun atau 1,1 juta ton per bulan.

Sedangkan jumlah beban limbah B3 industri di Jawa Timur tercatat 19,4 juta ton per tahun atau sebanyak 1,6 juta ton per bulan. Karena itu, Jawa Timur disebut darurat limbah berbahaya dan beracun atau B3.

Dalam kurun waktu 2012-2015 pembuangan limbah B3 di Jawa Timur tidak terkontrol dan dilakukan open dumping di beberapa lokasi, termasuk memanfaatkan lahan galian C. Pada 2012, ditemukan kasus penimbunan ribuan meter kubik limbah sisa pembakaran besi di Kawasan Industri Maspion (KIM) di Manyar, Gresik.

(Foto: BG/Wan)

(Foto: BG/Wan)

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Gresik telah memberikan teguran resmi kepada pengelola KIM dan PT. Master Steel. Pada 2014, BLH Gresik juga menemukan kasus pembuangan limbah B3 di lahan pertanian di Manyarm Gresik berupa sisa pembakaran batu bara dan glycerin atau limbah pengolahan sawit.

“Tim Investigasi Posko Ijo di 2015 menemukan indikasi adanya jasa pengangkutan limbah B3 dari industri di Jombang untuk bahan urugan bangunan dan batako di Mojokerto dan Gresik. Ini telah terjadi sejak 2004,” kata Rulli Mustika, aktivis Posko Ijo, Senin (11/1/2016).

Posko Ijo juga mengaku menemukan beberapa fakta mengenai limbah B3, seperti pembakaran PCB elektronik dan sludge aluminium skala rumah tangga yang tidak memenuhi standar kesehatan dan dampak lingkungan.

(Foto: BG/Wan)

(Foto: BG/Wan)

Dugaan pembuangan Limbah B3 Oleh PT. Pakerin pada 2015 juga ada. Itu terlihat dari baku mutu limbah cair di Kali Porong yang melebihi ambang batas. “Fakta ini menunjukkan lemahnya pengawasan oleh Wasdal BLH Gresik dan BLH Provinsi Jawa Timur,” tandas Rulli. (wan)

No Response