Menteri Susi Nangis Saat Dengar Surat dari Siswi SD Asal Pulau Bawean

0
11,127 views
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto: Istimewa)
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menangis dalam acara “Apresiasi dan Ekspos Bahari Nusantara” di Gedung Mina Bahari III KKP, Jakarta Kamis (10/12/2015). Acara yang semula berlangsung meriah, seketika berubah haru saat pembacaan surat dari siswi berprestasi asal Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur teruntuk Menteri Susi Pudjiastuti.

Menteri Susi menangis setelah mendengarkan pesan dari Jamaliyah, seorang anak kecil dari Pulau Bawean. Jamaliyah pun menjadi pemenang pertama dalam kategori “Surat untuk Menteri Susi Pudjiastuti”. Jamaliyah dalam pesannya menceritakan kehidupan anak-anak Pulau Bawean, pulau kecil di antara pulau Jawa dan Kalimantan.

“Ibu perkenalkan saya Jamaliyah. Saya mewakili Pulau Bawean. Saya hobi memakan ikan dan kerang, saya punya prestasi mewakili orang Bawean mengikuti lomba. Saya selalu ke laut, saya pergi ke laut. Saya dan ibu senang mengambil ikan dan kerang. Di sana masih sangat indah loh Bu,” pesannya kepada Susi Pudjiastuti.

Menurut Jamaliyah, orang Bawean sangat peduli dengan alam khususnya laut, karena laut sebagai kehidupan. “Saya pribadi tidak mau lihat ikan dan kerang habis bu, karena pengambilan ikan ilegal yang nanti akan habis. Iya kan Bu?” ucapnya kepada Susi, sambil membacakan surat tersebut.

“Untuk kami ikan dan kerang sangat bergizi Bun. Karena ikan dan kerang, pada Tahun lalu bisa mengikuti kompetisi lomba Matematika tingkat nasional. Saya bangga meskipun saya tidak makan daging, saya bisa mewakili Bawean dalam lomba itu Bu,” ujarnya.

Jamaliyah juga meminta Susi sebagai Menteri KKP tidak pernah menyerah dalam menjaga Laut Indonesia dan memberantas illegal fishing. “Ibu harus semangat ketika bekerja sebagai Menteri. Saya dan ibu mendo’akan Ibu Susi diberi kesehatan selalu agar kami semua anak Indonesia bisa terus melihat Laut Indah Indonesia seperti di Bawean,” katanya.

“Saya juga berharap suat saat nanti bisa bertemu dengan Ibu Susi dan semoga saya bisa makan barang dengan Ibu,” tambahnya. Mendengar pesan-pesan dan harapan anak kecil bernama Jamaliyah tersebut, air mata Susi Pudjiastuti pun menetes.

Dia bercita-cita menjadi guru dan tak ingin menjadi menteri seperti halnya Ibu Susi. “Saya bercita-cita menjadi guru dan mengajarkan murid-murid saya untuk terus menjaga laut,” ucap Jamaliyah. [as]