Ratusan Rumah di Gresik Terendam Banjir

0
1,719 views
(Foto: Kompas)
(Foto: Kompas)

BeritaGresik.com – Tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Gresik belakangan ini membuat ratusan rumah warga di beberapa desa yang terdapat di Kecamatan Driyorejo dan Kecamatan Wringinanom, Gresik terendam banjir.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik, Abu Hasan, Senin (10/10/2016). Menutut dia, banjir mulai menggenangi rumah warga di Driyorejo.

Air menggenangi rumah warga dengan ketinggian 20 centimeter hingga 50 centimeter. “Tidak hanya jalanan, air juga sudah mulai memasuki pemukiman warga,” ungkap Abu Hasan.

Salah seorang staff BPBD Gresik Achmad Barirul Umam mengatakan, ketinggian air yang menggenangi perumahan warga di tiap desa bervariasi. Selain curah hujan, air menggenangi rumah warga disebabkan luapan Kali Lamong.

“Setidaknya, hujan yang berlangsung sekitar enam jam lebih dari kemarin hingga pagi tadi, membuat 500 rumah terendam air,” ucap Barirul Umam.

Metespon kejadian itu, jajaran BPBD Gresik sudah menerjunkan personelnya di lapangan. Mereka memberikan sosialisasi kepada masyarakat cara mengantisipasi air bila terus meninggi.

“Sesuai dengan instruksi dari bapak kepala, anggota BPBD Gresik disebar di beberapa titik yang dianggap rawan dan memiliki potensi banjir yang lebih tinggi. Kami berharap, hujan tidak lagi turun, sehingga air dapat surut,” ujarnya. (zr)