Danau Kastoba, Wisata Alam Eksotis di Pulau Bawean

0
1,068 views

BaeritaGresik.com – Bila Anda berkunjung ke Pulau Bawean, rasanya kurang lengkap jika belum mengunjungi Danau Kastoba. Danau cantik nan indah ini terletak di Desa Paromaan, Tambak, Bawean.

Danau Kastoba termasuk salah satu destinasi wisata alam paling favorit di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. Selain menyajikan pemandangan alam yang indah, danau ini juga menyimpan sejumlah cerita legenda dan misteri yang diceritakan rakyat Bawean secara turun temurun.

Untuk menikmati keindahan dan pesona Danau Kastoba, pengunjung harus menyusuri jalan setapak yang cukup terjal dengan berjalan kaki. Danau yang terletak di Desa Paromaan Kecamatan Tambak, Bawean ini ada di puncak ketinggian atau di tengah Pulau Putri Bawean.

Dengan prasarana jalan setapak, pengunjung akan melewati keindahan rimbunan pohon-pohon raksasa yang diperkirakan sudah berusia ratusan tahun. Di tempat ini juga terdapat spesies satwa langka aneka serangga yang berbeda jenisnya dengan serangga di daerah lain.

Karena itu, Danau Kastoba memiliki daya tarik luar biasa dan sulit untuk dibandingkan dengan obyek wisata lain. Kastoba menyuguhkan pemandangan danau yang indah dan megah. Udaranya yang sejuk dan nyaman, membuat danau yang terletak di tengah pulau ini semakin romantis.

Anda hanya memerlukan waktu empat hingga lima jam untuk menuju pulau yang berpenduduk 70.000 jiwa tersebut. Anda dapat berangkat dari Pelabuhan Gresik maupun Pelabuhan Lamongan untuk menuju Pelabuhan Sangkapura yang terdapat di Pulau Bawean. [abr]