Dinas Pertanian Gresik Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Dinas Pertanian Gresik saat melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di sejumlah tempat penjualan hewan yang ada di Gresik, Kamis (8/8/2019). (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Dinas Pertanian Gresik melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di sejumlah tempat penjualan hewan yang ada di Gresik, Kamis (8/8/2019). Langkah itu dilakukan guna memastikan kesehatan hewan jelang Hari Raya Idul Adha.

Pemeriksaan dilakukan sejak Senin lalu, dengan menerjunkan sejumlah petugas. Setidaknya ada 9 orang dokter hewan dan 10 petugas peternakan yang memeriksa beberapa tempat penjualan hewan kurban yang tersebar di Gresik.

Kepala Dinas Pertanian Gresik Eko Anindito Putro menyebutkan, pihaknya telah memeriksa sebanyak 313 ekor sapi, 2.123 kambing dan 90 ekor domba. Pemeriksaan dilakukan hingga H+3.

“Ada dua tahap pemeriksaan, yaitu pemeriksaan antemortem yaitu pemeriksaan sebelum hewan disembelih, seperti yang kami lakukan saat ini. Sedangkan selanjutnya pemeriksaan post mortem. Pemeriksaan ini dilaksanakan saat penyembelihan hewan kurban,” terang Eko.

Para petugas dikatakan memeriksa kesehatan daging serta organ jerohan. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan itu nantinya dapat diketahui terkait kelayakan daging hewan kurban sebelum dibagikan dan dikonsumsi.

Ia juga membagikan tips memilih hewan kurban. Bagi calon pembeli hewan kurban di Gresik, Eko menyarankan gar selalu menanyakan tentang asal hewan ternak kurban yang akan dibelinya.

“Ternak Sudah poel.  Hal ini penting karena sebagai syarat sahnya hewan sebagai kurban. Tanda ternak sudah poel yaitu tumbuhnya dua gigi depan permanen. Untuk umur ternak poel biasanya untuk kambing berumur satu tahun dan sapi dua tahun,” jelasnya. (sdm/as)

No Response