Pelajar Gresik Wakili Indonesia dalam AFS Intercultural ke Swiss

0
923 views
Pelajar Gresik wakili Indonesia dalam AFS
Pelajar Gresik wakili Indonesia dalam AFS Intercultural Program ke Swiss. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Siswa kelas XII MIA 3 SMA Muhammaddiyah I Gresik Muhammad Heaven Handoko terpilih sebagai salah satu peserta dari 129 siswa Indonesia yang lolos seleksi mengikuti AFS Intercultural Program di Swiss.

Siswa yang menguasai lima bahasa asing itu terpilih setelah menyisihkan 600 siswa se-Kabupaten Gresik. Dia adalah salah satu siswa dari 129 siswa yang terseleksi dari 2 juta siswa se-Indonesia.

Rencanya, dia bersama peserta yang lain berkumpul di Jakarta pada 17 Agustus 2016. Untuk itu, Heaven pamit kepada Bupati dan Wakil Bupati Gresik Sambari-Qosim. Ia ditemui di ruangan kantor Bupati Gresik pada Kamis (10/8/2016).

Dalam kesempatan itu, Heaven tampak didampingi kedua orang tuanya yakni Arif Handoko dan Umsullah Hariati, perwakilan dari Dinas Pendidikan Gresik serta guru dan kepala sekolahnya.

“Kami bangga karena Heaven adalah satu-satunya wakil dari Kabupaten Gresik. Ini sesuatu yang luar biasa. Heaven akan tinggal di Eropa selama 6 tahun,” kata Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat menemui Heaven.

Wabup Qosim yang ikut mendampingi Bupati berpesan agar Heaven menjaga nama baik bangsa dan negara. Dia diingatkan bahwa Siwiss sebagai tempat tujuan pertama adalah negara yang warganya punya sikap toleransi tinggi.

Heaven yang dilahirkan pada 2 Maret 1999 adalah siswa dari kelas eksakta. Tetapi dia sangat menyukai belajar Bahasa. “Saya kursus Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Jerman, Bahasa China dan Bahasa Arab,” ungkapnya.

Selain mahir membawakan tarian Garuda Nusantara, dia juga gemar utak atik robotic. Dalam kegiatan robotic yang diawali sejak kelas 3 SMP, Heaven pernah meraih berbagai juara robotic, baik nasional maupun Internasional.

Heaven pernah meraih Merit Award atas penemuan neurologic home pada kompetisi Nasional Teknologi Informasi dan Teknologi 2013, Juara I Nasional ME Award 2015, serta Juara I Robot Sumo Olimpiade Robot International (IISRO 2015).

AFS sendiri adalah salah satu organisasi internasional tertua yang mewadahi pembelajaran interkultural melalui program pertukaran pelajar. (sdm/as)