Kemarau Panjang, Waduk di Gresik Mulai Mengering

0
360 views

BeritaGresik.com – Sejumlah waduk yang terdapat di Kabupaten Gresik, Jawa Timur mulai mengering akibat musim kemarau panjang dalam beberapa bulan terakhir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik, Hari Soetjipto mengatakan, waduk yang kondisinya mengering di antaranya Waduk Tanjung, Waduk Belahanrejo serta Waduk Kedamean.

Selain itu, Waduk Banjaranyar atau Waduk Bunder yang luasnya mencapai 92 hektare dengan kapasitas 2,465 juta meter kubik, kini airnya hanya sepertiga dari total kapasitas air.

“Keberadaan waduk di Gresik cukup vital untuk persediaan air, karena wilayah Gresik berbatasan langsung dengan laut jawa yang asin, sehingga ketergantungan masyarakat terhadap waduk cukup tinggi,” kata Hari di Gresik, Senin (10/8).

Untuk waduk di Kecamatan Duduksampeyan yang merupakan waduk peninggalan Belanda yakni Waduk Joho dan Waduk Gedangkulud yang ada di Kecamatan Cerme, kondisi airnya dikatakan juga telah menyusut.

Kondisi mengeringnya waduk juga terlihat di Waduk Paco yang memiliki luas 7,5 hektare dan Waduk Ngasin dengan luas 7,5 hektare di Kecamatan Balongpanggang. Kondisi ini mempengaruhi lahan pertanian dan pertambakan milik warga, sehingga terancam gagal panen dan kehilangan mata pencaharian.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Dinas Pertanian Gresik, total tanaman padi yang mengalami gagal panen akibat kekeringan hingga akhir Agustus 2012 mencapai 147 hektare. [wan]