Cegah Banjir, Kodim 0817 Gresik Tanam 1.000 Pohon

0
260 views
Kodim 0817 Gresik tanam 1.000 pohon
Kodim 0817 Gresik tanam 1.000 pohon di lokasi rawan banjir. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Kodim 0817 Gresik bersama Muspika Kecamatan Cerme dan masyarakat melakukan penanaman pohon di Desa Jono, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Jumat (10/6/2016).

Penghijauan ini dilakukan di sepanjang jalan poros desa. Pohon ini nantinya juga diharapkan menjadi tanggul Kali Lamong. Kegiatan ini dilakukan untuk penghijauan srrta menjaga kelestarian alam sebagai antisipasi rawan longsor.

Kegiatan yang diawali dengan upacara pembukaan dengan inspektur upacara Dandim 0817 Gresik, Letkol Arm Hendro Setyadi, SH. Sedikitnya 200 personil TNI bahu-membahu melakukan tanam pohon bersama warga desa setempat.

(Foto: BG/Wan)
(Foto: BG/Wan)

Selain itu, dibantu beberapa unsur anggota FKPPI, PPM dan Siswa siswi Pramuka dari Saka Wira Kartika Kodim 0817. Adapun bibit tanaman yang ditanam berjenis Mahoni, Trembesi, Mangga dan Sawo, dengan total 1000 pohon.

Komandan Kodim 0817 Gresik Letkol Arm Hendro Setyadi, SH mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk membantu daerah rawan banjir. Dengan adanya penanaman di sepanjang bantaran sungai diharapkan dapat memperkuat tanggul.

“Sehingga tidak mudah jebol, disamping itu karena adanya pemanasan global, salah satu solusi adalah penghijauan, sebab sangat bermanfaat untuk menghasilkan oksigen bagi kesehatan manusia,” kata Letkol Arm Hendro.

(Foto: BG/Wan)
(Foto: BG/Wan)

Hal senada disampaikan Komandan Koramil 18/Cerme, Kapten Inf Mohammad Zainudin. Menurut dia, penanaman pohon sengaja melibatkan masyarakat, agar ikut merawat pohon yang sudah ditanam nantinya.

Bibit berbagai jenis pohon ini diperoleh atas bantuan Kodim 0817 Gresik. Pohon tersebut rencananya akan ditanam ditempat strategis (sepanjang tanggul) guna mengatasi bahaya bencana alam seperti banjir.

“Kegiatan penghijauan kali ini sebagai bentuk kepedulian terhadap terciptanya lingkungan hijau. Kegiatan ini sekaligus mengkampanyekan kepedulian warga akan arti pentingnya menjaga lingkungan hidup,” pungkasnya. (wan)