Selidiki Kebakaran, PT New Era Datangkan Tim Labfor Polda Jatim

0
807 views
Kebakaran melanda pabrik sandal New Era. (Foto: BG/Wan)
Kebakaran melanda pabrik sandal New Era. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Pasca kebakaran hebat yang menghanguskan pabrik sandal New Era di Jalan Kapten Darmo Sugondho, Kebomas Gresik Sabtu lalu (7/5), tim Labfor Polda Jatim langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP).

Dipimpin langsung oleh Kasubdit Fiskomfor Polda Jatim AKBP Joko Siswanto beserta dengan 7 orang anggota Forensik, tim tiba di TKP sekitar pukul 10.00 Wib pagi, Selasa (10/5/2016). Wartawan yang meliput hanya bisa memantau pergerakan tim Labfor dari kejauhan karena tidak diperbolehkan mendekati TKP.

Terlihat di sekitar pabrik sandal ini, garis kuning Polisi sudah melintang dan membentang dari tiap sudut pabrik. Tanpak pula kepulan asap sisa kebakaran yang belum padam hingga sekarang dan beberapa anggota Polisi yang sedang berjaga di TKP.

Selain tim Labfor, ada juga tim asuransi perusahaan yang ikut datang ke TKP sekitar pukul 11.00 Wib siang dengan mengendarai  Kijang Inova  untuk memantau kegiatan ini. Sayangnya, baik Tim Labfor maupun pihak asuransi perusahaan tidak ada yang bisa dimintai keterangan terkait musibah kebakaran pabrik sandal ini.

Direktur Utama PT New Era Yohanes Susanto mengatakan, sampai saat ini dirinya belum mendapatkan informasi valid tentang penyebab terjadinya kebakaran, karena masih simpang siur. Untuk itu, pihaknya mendatangkan tim Labfor Polda Jatim untuk menyelidiki penyebab kebakaran ini.

“Untuk menyelidiki sebab sebab terbakarnya pabrik, pihak perusahaan mendatangkan tim Labfor dan dalam sepekan kedepan, pabrik tidak difungsikan otomatis karyawan juga libur seminggu” Ujar Yohanes Susanto.

Sementara itu, Komisaris PT New Era, Ratna Yahya menambahkan, pabrik seperti ini rawan terbakar karena banyak terdapat bahan karet dan spons. Namun pada kebakaran kemarin, masih ada beberapa bahan baku yang masih bisa diselamatkan dan difungsikan sebagai bahan baku.

“Beberapa memang sudah hangus terbakar, namun tidak semua. Beberapa masih bisa difungsikan sebagai bahan baku,”imbuhnya.

Seperti diketahui, pabrik sandal New Era yang bediri sejak 20 tahun yang lalu ini terbakar hebat, Sabtu sore. Kepulan asap kebakara bahkam dapat dilihat di seluruh penjuruh Kabupaten Gresik. Informasi sementara total kerugian akibat kebakaran ditaksir miliaran rupiah. (wan)