Wabub Qosim Tinjau Lokasi Tanah Longsor di Bawean

0
950 views
Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim saat meninjau lokasi tanah longsor di Desa Gunung Teguh, Kec. Sangkapura Bawean, Kamis (10/3/2016).
Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim saat meninjau lokasi tanah longsor di Desa Gunung Teguh, Kec. Sangkapura Bawean, Kamis (10/3/2016).

BeritaGresik.com – Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim meninjau lokasi tanah longsor di Desa Gunung Teguh, Kec. Sangkapura Bawean, Gresik. Bencana itu telah mengakibatkan sebuah jembatan penghubung antar desa terputus.

Dalam kunjungannya tersebut, Wabup Qosim didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Abu Hasan. Mereka disambut kepala desa setempat Abdul Haris bersama warga yang terdampak longsor.

Pantauan di lapangan, Kamis (10/3/2016), terlihat runtuhan bebatuan yang beberapa hari lalu sempat menghalangi aliran sungai. Selain itu, jembatan yang pernah terputus tampak dibangun kembali dari ksyu oleh warga setempat.

Wabub Qosim menghimbau kepada Kepala Desa Gunung Teguh, Abdul Haris agar segera mengajukan anggaran untuk pembangunan jembatan. Pemerintah dikatakan akan berupaya merealisasikan keinginan masyarakat desa setempat.

“Kami melalui Dinas Pembangunan dan Pekerjaan Umum (PU) akan berupaya merealisasikan pembangunan jembatan yang terputus ini. Dan untuk realisasi pembangunan jembatan ini terlaksana paling lambat tahun 2017,” ujar Qosim.

Wakil Ketua DPC PKB Gredik itu juga menekankan agar dibangun pelindung tebing sungai (Bronjong). Itu diperlukan sebagai upaya meminimalisir terjadinya longsor apabila hujan deras melanda kawasan desa Gunung Teduh tersebut.

Sementara itu, di tempat yang sama Kepala Desa Gunung Teguh Abdul Haris mengatakan, warga desa membutuhkan pembangunan jembatan permanen. Pasalnya, jembatan yang lama sudah runtuh dan tidak dapat digunakan lagi.

“Kami sudah mengajukan anggaran sebesar Rp500 juta kepada Pemerintah. Dana tersebut kami pergunakan untuk pembangunan jembatan permanen dan pelindung tebing sungai. Harapan kami tahun ini dapat terealisasi,” kata Haris. (abr)