Kubu Berkah Tuding SQ Lakukan Politik Uang

0
1,020 views
Tim Berkah menunjukkan bukti dokumen terkait adanya indikasi praktik politik uang yang diduga dilakukan kubu SQ (Foto: BG/Wan)
Tim Berkah menunjukkan bukti dokumen terkait adanya indikasi praktik politik uang yang diduga dilakukan kubu SQ (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Tim pasangan calon bupati dan wakil bupati Gresik Husnul Khuluq-Achmad Rubaie (Berkah) mengindikasikan adanya praktik politik uang dari tim kampanye pasangan Sambari Halim Radianto -Moh. Qosim (SQ) saat memberangkatkan warga ziarah wali lima.

Karena itu, kubu Berkah melaporkan tim kampanye pasangan calon incumbent tersebut ke Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Gresik. Ketua tim kampanye Berkah, Musthofa, diterima langsung Komisioner Devisi Penindakan Panwasluh Kabupaten Gresik, Hariyanto.

Dalam laporan tersebut disertakan bukti berupa foto dan video rekaman yang memperlihatkan adanya ajakan untuk mendukung pasangan calon nomor satu yaitu pasangan SQ.

“Kegiatan ziarah wali limo, sudah mengarah permintaan dukungan ke salah satu calon. Itu sudah kampanye. Alat bukti sudah ada, saksi siap. Dalam bus ada dugaan semacam pengarahan memilih ke salah satu paslon dan pemberian uang saku,” kata Musthofa usai melapor ke Panwaslu Gresik, Senin (9/11/2015).

Menurut Muthofa, kegiatan ziarah wali lima sudah dilakukan secara masif dan tersetruktur oleh tim kampanye pasangan SQ. Karena itu, tim kampanye Berkah melaporkan adanya indikasi politik uang tersebut ke Panwaslu Kabupaten Gresik.

“Kegiatan wali lima sudah masif di desa-desa, seperti di Kedang Kulut, Kecamatan Cerme dan Desa Hendrosari, Kecamatan Menganti. Armada yang memberangkatkan juga ada fotonya, CD atau rekaman salawat yang menyairkan kesuksesan paslon juga ada. Rekaman bisa didengarkan sendiri, dan itu masif,” imbuhhnya.

Saat ditanya berapa jumlah uang saku yang diberikan kepada para peserta ziarah wali lima waktu itu, Musthofa tidak menyebutkan secara pasti. [wan]