Dana Pembebasan Lahan Bandara Bawean Rp 25 Miliar

0
843 views
Landasan Pacu Bandara Bawean (Foto: BG/Abr)
Landasan Pacu Bandara Bawean (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik sudah menyiapkan dana sebesar Rp 25 miliar untuk pembebasan lahan Bandara Bawean. Dana pembebasan lahan milik warga itu sudah dialokasikan dalam APBD 2016.

Itu diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Gresik Abdul Hamid saat melakukan peninjauan di Bandara Harun Thohir bersama Pj Bupati Gresik Akmal Budianto di Pulau Bawean, Senin (9/11/2015). “Sudah dianggarkan di APBD 2016,” ungkap Hamid.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan RI memastikan Bandara Bawean mulai beroperasi awal 2016 mendatang. Untuk itu, dia meminta Pemkab Gresik segera melakukan pembebasan lahan di sekitar bandara untuk menambah panjang landasan (runway) bandara.

Untuk itu, Pj Bupati Gresik Akmal mengatakan pihaknya sudah menganggarkan dana rencana pembebasan lahan milik warga yang terkena dampak perpanjangan runway. Langkah itu diambil menyusul adanya arahan dari Menteri Jonan beberapa waktu lalu.

“Sesuai arahan menteri perhubungan kalau bisa Januari 2016 sudah harus beroperasi. Kita dengan Pak Camat dan aparat di desa sini siap untuk menyelesaikan ini semua di lapangan,” kata Akmal saat berkunjung ke Bandara Bawean.

Dia menambahkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan pendekatan terhadap warga. Sejauh ini diakui tidak ada kendala terkait pembebasan lahan. Dia berjanji akan mengedepankan prinsip musyawarah dengan masyarakat pemilik lahan.

“Ya nanti kita akan musyawarah, pokoknya kita akan ajak masyarakat untuk ikut bisa menyelesaikan macam-macam masalah ini. Memang tidak kita tinggalkan masyarakat sini, kita ajak bicara, kita cari solusi, kita selesaikan bersama-sama”, pungkasnya. [abr]