1350 Anak Yatim Gresik dapat Bantuan Beasiswa

0
954 views
Yatim Mandiri menyerahkan bantuan beasiswa untuk anak yatim di Gresik. (Foto: BG/Wan)
Yatim Mandiri menyerahkan bantuan beasiswa untuk anak yatim di Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Sebanyak 1350 anak yatim dhuafa di Kabupaten Gresik mendapatkan bantuan beasiswa dari Yatim Mandiri senilai Rp 415 juta.

Santunan itu secara simbolis oleh Dinas Pendidikan Gresik, Direktur Yatim Mandiri Pusat dan Kepala Cabang Yatim Mandiri Gresik di Ramayana Departemen store, Minggu (9/10/2016).

Direktur Yatim Mandiri Pusat Sumarno, menekankan agar peran Yatim Mandiri lebih fokus memandirikan anak yatim di bidang pendidikan dan kesehatan.

Sumarno juga meminta agar ustad dan ustadah lebih semangat membimbing anak yatim dhuafa sehingga menjadi anak yang berhasil meraih cita-citanya dan mereka tidak menjadi dhuafa lagi.

Acara Yatim Mandiri bertajuk "Melukis Doa dan Cita-cita". (Foto: BG/Wan)
Acara Yatim Mandiri bertajuk “Melukis Doa dan Cita-cita”. (Foto: BG/Wan)

Dalam acara bertajuk “Melukis Doa dan Cita-cita” ini, anak-anak yatim diharapkan punya semangat dan cita-cita tinggi dalam meraih pendidikannya, dan tak kalah dengan anak-anak lainnya.

Atas peran Yatim Mandiri Gresik, Dinas Pendidikan Gresik yang diwakili Kabid PAPNF Shobiron mengapresiasi dan berharap kerjasama dengan Yatim Mandiri bisa berjalan dengan baik.

“Kegiatan pemberian beasiswa yatim mandiri prestasi (Bestari) sangat baik dan membantu dinas pendidikan dalam mendidik anak yatim dhuafa yang mandiri dalam meraih prestasi dan cita-cita yang tinggi,” ujar Shobiton.

Ia berpesan kepada anak yatim dhuafa agar tidak minder dan semangat belajar agar menjadi lebih berprestasi.

Sementara itu, Kepala Cabang Yatim Mandiri Gresik Mustain mengatakan, kegiatan ini berlangsung dua kali dalam setiap tahun. Penyaluran bantuan ksli dikatakan periode ke 32 selama 15 tahun.

Penyerahan bantuan serentak diadakan di seluruh Indonesia (nasional) dengan total bantuan sebesar Rp 5,1 miliar. Bantuan itu diberikan kepada sebanyak 15 ribu anak yatim dhuafa.

Selain itu, kegiatan Yatim Mandiri yakni berupa sanggar jenius untuk anak yatim, bimbingan baca Al Quran, pelayanan kesehatan keliling di sekolah bagi anak yatim, beasiswa pendidikan unggulan SMP dan SMA gratis serta diklat kemandirian untuk anak SMP dan SMA.

Salah satu yayasan yang mendapat bantuan Bestari dari Yatim Mandiri yakni Yayasan Riyadhul Jinaan asal Gending Kebomas.

Pembina Yayasan Riyadhul Jinaan Gending, Etik Athiyyah mengatakan, pihaknya menerima bantuan Bestari (Beasiswa Yatim Mandiri) ini selama 10 tahun dimana diberikan per semester bagi 22 anak yatim.

Bantuan itu terbagi sesuai jenjang pendidikannya seperti SD, SMP dan SMA, dengan rincian untuk SD sebanyak 12 orang. Setiap orang menerima Rp 250 ribu .

“Lalu, 6 orang anak SMP dimana per anak mendapat Rp 300 ribu. Dan 4 anak SMA akan menerima per anak sebanyak Rp 370 ribu,” terangnya. (wa)