Jelang Idul Adha, Petugas Sidak Hewan Kurban di Gresik

0
636 views
Petugas sidak ke sejumlah pasar sapi di Gresik. (Foto: Lest)
Petugas sidak ke sejumlah pasar sapi di Gresik. (Foto: Lest)

BeritaGresik.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah, petugas dari kepolisian dan dinas terkait di Gresik gencar melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar sapi atau hewan kurban yang terdapat di Gresik.

Sidak ini dilakukan Kasat Binmas Polres Gresik AKP Junaedi bersama anggota Dinas Peternakan dan Dinas Kesehatan Gresik di pasar hewan PPS Suci Manyar, Simpang lima GNI dan perternakan Sapi potong Haji Fahri, Kamis (8/9/2016).

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (DKPP) Gresik, Langu Pindigara mengatakan, sidak kali ini untuk memastikan hewan kurban yang dijual ke masyarakat aman dikonsumsi.

“Tujuan sidak ini untuk memonitor hewan kurban. Sementara ini, tidak ada temuan hanya beberapa yang mengalami sakit mata akibat terkena debu,” kata Langu.

Sementara, Kasat Binmas Polres Gresik AKP Junaedi menyatakan, pihaknya tidak menemukan adanya kecurangan dalam pemeriksaan hewan kurban saat itu.

Jika diketahui ada kecurangan yang dilakukan penjual, maka akan dilakukan penindakan sesuai hukum yang berlaku. “Kami juga memberi wawasan dan pemahaman tentang kelayakan hewan kurban seperti apa,” jelasnya.

Di kesempatan itu dilakukan pengecekan kesehatan, meliputi kesehatan pada gigi, mata, dan postur tubuh hewan kurban. Sidak ini bertujuan untuk mengetahui kesehatan dan kualitas hewan kurban. (lest/as)