Bawean Masuk Daftar Penyumbang TKI Terbanyak ke Timteng?

0
577 views

BeritaGresik.com – Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) akan memberangkatkan 300 ribu TKI ke sejumlah negara di Timur Tengah (Timteng). Jumlah ini lebih rendah dari asumsi pengiriman TKI tahun lalu sebelum ada kebijakan moratorium TKI.

Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid memproyeksikan pemberangkatan TKI di tahun depan sebanyak 300 ribu orang ke negara-negara di Timteng. Paling banyak terdiri atas warga Madura dan Bawean, Jawa Timur.

“Setelah ada moratorium, asumsi TKI yang diberangkatkan tahun depan 300 ribu orang. Asumsi sebelum ada pengumuman penghentian sementara kirim TKI sebanyak 500-600 ribu orang, sebagian besar orang Madura dan Bawean,”  kata Nusron di Gedung Banggar DPR, Jakarta, Selasa (8/9).

Dalam pagu indikatif 2016, BNP2TKI mendapat jatah anggaran Rp 414 miliar. Alokasi dana tersebut tersebut untuk program perlindungan yang memperoleh alokasi anggaran Rp 28 miliar, meliputi program pemberdayaan purna TKI.

“Jadi TKI yang sudah pulang, bisa teredukasi menjadi wirausaha baru. Kami kerjasama dan berbagi tugas dengan Kementerian Sosial, Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Luar Negeri,” ucapnya. [as]