350 Trantib Dilatih Pengendalian Keamanan

0
293 views
Trantib kecamatan dan desa di Gresik. (Foto: Istimewa)
Trantib kecamatan dan desa di Gresik. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Pemkab Gresik melalui Kesbangpolinmas menggelar pelatihan pengendalian kemananan di masyarakat. Pelatihan ini melubatkan sekitar 350 trantib kecamatan dan desa se-Kabupaten Gresik, Selasa (9/8/2016).

Asisten I Pemkab Gresik Tursilowanto Hariyogi mengatakan, personel Trantib memiliki peranan yang strategis dalam mengendalikan situasi keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Karena itu, para personel trantib harus mampu menyikapi berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat serta tanggap membaca situasi, seperti pendatang yang tidak memiliki identitas yang jelas.

“Trantib harus memiliki kewaspadaan dini masyarakat untuk menjaga keamanan dengan kondisi kepekaan, kesiapsiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi gangguan keamanan,” kata Tursilowanto.

Kepala Kesbangpolinmas Pemkab Gresik Agus Ashari menjelaskan, kegiatan ini bertujuan  untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman anggota trantib terhadap standar operasional prosedur trantib.

Dengan begitu, trantib diharapkan mampu mengendalikan keamanan dan kenyamanan lingkungan, penanganan gangguan kehidupan sosial masyarakat serta penanganan bencana alam.

Pelatihan pengendalian keamanan dan kenyamanan lingkungan inu menghadirkan narasumber dari Polda,  Kodam V Brawijaya Surabaya, Kesbangpolinmas, Polres dan Kodim Gresik. (dwi/as)