Polres Gresik Siap Amankan Mudik Lebaran dengan Operasi Ketupat Semeru

0
400 views

BeritaGresik.com – Menghadapi momen lebaran, Polres Gresik, Pemkab Gresik beserta jajarannya secara serentak menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2015 di Alun-alun Gresik, Jawa Timur, Kamis (9/7).

Bupati Gresik mengatakan, “Pada prinsipnya kita mendukung penuh pelaksanaan operasi ini. Demi keamanan dan suasana nyaman bagi masyarakat Gresik Intinya kami akan dukung TNI dan Polri dalam melaksanakan pengamanan pada momen lebaran ini,” tutur Bupati yang sebentar lagi habis masa jabatannya.

Terkait bentuk dukungan tersebut, Sambari tidak bisa menyebut secara rinci. Namun dia menegaskan bentuk dukungan itu bisa berbagai macam sesuai dengan kebutuhan. Baik berupa kesiapan sarana maupun prasarana penunjang arus mudik lebaran. Untuk itu pihaknya akan mengecek kesiapan di lapangan demi kelancaran arus mudik saat lebaran.”Semua Jalan di Gresik sudah siap digunakan”, lanjut kata bupati Gresik.

Di tempat yang sama, Kapolres Gresik AKBP Ady Wibowo, mengatakan, dalam pelaksanaan pengamanan Operasi Ketupat Semeru ini, pihaknya akan menerjunkan 850 personel dan 25 kendaraan roda dua serta 25 kendaraan roda empat dan 50 personil Polair untuk arus laut Gresik-Bawean.Hal ini untuk mengantisipasi empat bentuk kerawanan. Yakni antisipasi macet, kecelakaan lalu lintas, sabotase, dan kejahatan jalanan.

 

Untuk itu pihaknya telah membentuk beberapa titik pos antara lain pos pengamanan, pos pelayanan, pariwisata  pengamanan titik rawan di Duduk Sampean.

“Dalam pengamanan mudik, kami sudah menempatkan personel Satuan Shabara dan Satlantas, Satreskrim yang dilengkapi dengan senjata laras panjang dan senjata genggam Saat melakukan patroli. Pengamanan di Bank, Toko emas, Perumahan yang di tinggal mudik saat lebaran.

Lebih lanjut, Ady Wibowo menegaskan, beberapa daerah yang menjadi perhatian saat pelaksanaan mudik lebaran karena rawan macet antara lain daerah  Duduk Sampean Gresik perbatasan Gresik-Lamongan pada H-7 hingga H+7. Dengan pola pengamanan itu diharapkan pelaksanaan arus mudik dan balik lebaran bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya.(wan/abr).