2015, Pemudik ke Pulau Bawean Diprediksi Menurun

0
465 views

BeritaGresik.com – PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) memperkirakan jumlah penumpang hari Raya Idul Fitri 2015 mengalami penurunan 10% untuk penumpang berangkat dan turun 6% untuk penumpang datang.

Penurunan jumlah penumpang kapal dari pelabuhan Gresik menuju Pulau Bawean diduga karena adanya libur sekolah sebelum mudik Lebaran tiba. Dengan begitu, proses mudik tidak terjadi dalam waktu bersamaan.

β€œIa, hal ini dikarenakan adanya libur sekolah yang lebih awal sehingga proses mudik tidak menumpuk pada satu waktu yang sama,” kata Haris Budiarto, Manager SDM, Umum, dan Kesisteman Pelindo III Cabang Gresik.

Kendati diperkirakan terjadi penurunan jumlah penumpang pada lebaran tahun ini. Pihak KSOP tetap melakukan antisipasi untuk menambah jumlah pelayaran dengan memberangkatkan KM. Express Bahari 8-E atau KM. Natuna Express.

Selain itu, KSOP tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Gresik dan TNI-AL atau PT DLU untuk mendatangkan armada guna membantu angkutan penumpang Gresik-Bawean.

Laporan kesiapan penyelenggaraan angkutan laut lebaran 2015 dari Kantor KSOP Kelas II Gresik, pada 2014 terjadi pemberangkatan sebanyak 5.333 penumpang, sedangkan untuk kedatangan sebanyak 6.027 penumpang. [as]