Pemkab Siapkan Lahan Untuk Taman Teknologi Pertanian

0
259 views
(Foto: Kab. Gresik)
(Foto: Kab. Gresik)

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik menyiapkan 10 hektar lahan untuk program Agro Techno Park atau Taman Teknologi Pertanian (TTP). Langkah itu merespon program yang dicanangkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian.

Salah satu tujuan peluncuran program TTP ini untuk menunjang perekonomian di suatu daerah melalui komoditi hasil pertanian yang sedang berkembang dan memiliki prospek bagus di daerah tersebut.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan, pihaknya menyiapkan lahan seluas 10 hektar dari total luas 50 hektar lahsn yang ada untuk dipergunakan TTP, yang terletak di desa Sukodono Kecamatan Panceng.

“Pemkab Gresik sudah siapkan lahan seluas 10 hektar untuk pembangunan TTP. Disamping itu, 40 hektar juga sudah dibangun mbung (waduk) yang nantinya dapat dimanfaatkan warga untuk pengairan,” kata Sambari.

Dikesempatan yang sama, Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian Dedi Nursyamsi mengatakan, dalam waktu 5 tahun mendatang ditargetkan sebanyak 100 TTP di seluruh wilayah Indonesia.

Hal itu dikatakan sesuai dengan program pemerintahan Jokowi-JK. Begitu diungkapkan Dedi saat sosialisasi tata kelola TTP oleh BPTP Jawa Timur di ruang Graita Eka Praja kemarin, Rabu (8/6/2016).

“Program ini semata-mata untuk mencukupi ketersediaan swasembada pangan, khsusnya komoditi mangga dan jagung,” ujarnya.

Dia menilai, Gresik merupakan daerah yang memiliki keistimewaan. “Disamping memiliki tanah yang subur, juga terdapat tiga pilar yakni industri, pemerintah dan petani,” ucapnya. (as)