Dishub Siapkan Strategi Atasi Lonjakan Kunjungan ke Bawean

0
649 views
Kapal Penyeberangan ke Pulau Bawean. (Foto: BG/Wan)
Kapal Penyeberangan ke Pulau Bawean. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Bawean diprediksi bakal meningkat tajam seiring gencarnya promosi destinasi wisata yang ada di sana. Untuk itu, Dinas Perhubungan Pemkab Gresik pun mulai menyiapkan sejumlah strategi agar tetap bisa mengangkut wisatawan ke sana.

Kepala Dinas Perhubungan Gresik, Andhy Hendro Wijaya menjelaskan, saat ini ada tiga kapal yang beroperasi Gresik-Bawean, yaitu Gili Lyang, Express Bahari, dan Natuna Ekspres. Ketiga kapal itu masih dirasa mampu melayani penumpang ke Bawean, kecuali jika cuaca ekstrem atau terjadi ombak besar.

“Kita tidak berharap demikian, tapi sebagai bentuk antisipasi jika terjadi cuaca ekstrem maka kami akan minta bantuan kapal ke PT Darma Lautan Utama (DLU) atau ke Angkatan Laut di Surabaya agar bisa tetap melayani penyeberangan ke Bawean,” ungkap Andy, Senin (9/5/2016).

Strategi lain, terang Andy, yakni berkoordinasi dengan beberapa instansi agar kapal besar dari Surabaya menuju pulau lain bisa mampir dulu ke Bawean untuk mengangkut penumpang tujuan pulau ini ketika terjadi cuaca ekstrem.

“Intinya, kami akan tetap berupaya agar jangan sampai ada penumpang keleleran. Apalagi, ketika liburan panjang, di mana saat banyak orang hendak berlibur ke Pulau Bawean,” ujarnya. [wan]