KPU Gresik Musnahkan 14.459 Surat Suara

0
495 views
KPU Gresik musnahkan ribuan surat suara rusak (Foto: BG/Wan)
KPU Gresik musnahkan ribuan surat suara rusak (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik memusnahkan sebanyak 14.459 lembar surat suara yang rusak dan kelebihan surat suara untuk Pilkada Gresik yang digelar 9 Desember 2015.

Pemusnahan dilanjutkan setelah proses sortir dan rekapitulasi oleh KPUD Gresik setelah pendistribusian dari rekanannya di Kudus Jawa Tengah. Pemusnahan dihadiri beberapa eleman terkait, seperti TNI yang diwakili Kasdim 0817, Mayor Sampak, Polri diwakili Wakapolres Gresik Kompol Indra Mardiana dan juga dari Depdagri Pronsi Jatim, Arini.

Dalam prosesi pemusnahan surat suara yang rusak itu hanya satu pasangan calon yang ikut menyaksikan. Tim pemenangan paslon nomor urut 3 yang diwakili Agus Wiyono. Sedang kedua pasangan calon nomor urut 1 dan 2 tidak ikut.

Pemusnahan dipimpin langsung oleh Komisioner KPUD Gresik Divisi logistik Pengadan dan Anggaran, Elvita Yuliaty, didampingi ketua KPUD Gresik, Ahmad Roni bersama anggota lainnya di halaman kantor KPUD Gresik.

“KPU Kabupaten Gresik telah membakar total 14.404 lembar surat suara yang rusak, dengan kategori sobek, terkena tinta, kusut dan warna buram atau gradasi warna. Sedangkan surat suara yang lebih sebanyak 55 lembar juga ikut kita musnahkan. Untuk surat suara rusak KPU memiliki kategori tersendiri mengapa surat suara tersebut dianggap rusak dan harus dimusnahkan,” terang Elvita usai memusnakan surat suara yang rusak.

(Foto: BG/Wan)
(Foto: BG/Wan)

Ia menambahkan, surat suara rusak tersebut dibakar dengan alasan agar nantinya tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Namun, tidak dengan compack disk (cd copy) yang tidak ikut dibakar. Meski demikian CD dijamin keamanannya, dengan alasan untuk bukti inventarisnya.

“Adapun penyediaan logistik ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) kita beri kelebihan sebanyak 2,5 persen di setiap TPS sesuai jumlah pemilih,” tutup Elvita.(wan)