Soal Guru Honorer, Pemerintah Dinilai Ingkar Janji

0
713 views

Guru Honorer Unjuk Rasa

BeritaGresik.com – Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo mengatakan ratusan guru honorer terancam tak diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS) untuk tahun-tahun mendatang. Dia menilai hal ini sebagai bentuk kebohongan yang dilakukan pemerintah.

“Pada 15 September lalu, Kementerian PANRB serta Komisi II menyepakati rencana pengangkatan 439.956 guru honorer yang akan dilakukan secara bertahap pada 2016-2019. Namun, saat kami pelajari APBN 2016 yang baru disahkan kemarin, tidak ada anggaran untuk itu,” kata Sulistyo, Minggu (8/11).

Menurut dia, tidak adanya alokasi anggaran untuk pengangkatan guru honorer tersebut berdampak pada terancamnya realisasi pengangkatan guru honorer menjadi PNS. Bila sampai janji itu tidak dipenuhi, Sulistyo mengatakan bukan tak mungkin akan terjadi demo besar dari para guru honorer yang kecewa.

Kendati begitu, pihaknya dikatakan akan mengedepankan perundingan sebelum turun ke jalan untuk berunjuk rasa. Sulistyo mengaku pihaknya telah mengadukan masalah tersebut ke Komisi II DPR RI agar segera dicarikan jalan keluar.

“Ini bukan kebohongan yang pertama. Sebelumnya, pemerintah juga sudah pernah menjanjikan akan mengangkat status guru honorer jadi PNS, tetapi nyatanya tidak terjadi. Namun, kebohongan kali ini yang paling sistematis karena persiapan dan tahapan akhir sudah dilakukan tapi ternyata tidak terwujud,” ujarnya. [cnn/zr]