Kapal Besar Disiapkan Antisipasi Lonjakan Pemudik ke Bawean

0
787 views

BeritaGresik.com – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik bersama Dinas Perhubungan akan menyediakan kapal besar untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan cuaca buruk. Kedua kapal itu yakni KMP Gili Lyang dari PT ASDP dan Darma Lautan Utama (DLU).

Kepala KSOP Gresik Capt. M Dahlan MT, pada Selasa (7/7) mengatakan, kapal berukuran besar tujuan Kalimantan nantinya bisa bersandar ke Pelabuhan Gresik untuk mengangkut penumpang tujuan Pulau Bawean. Setelah itu, melanjutkan perjalanan ke Kalimantan.

“Jadi, kapal tujuan Kalimantan bisa sandar ke Pelabuhan Gresik baru ke Pulau Bawean dan melanjutkan perjalanan ke Kalimantan,” kata Dahlan usai meninjau penumpang di Kapal Express Bahari 8E.

Untuk diketahui, selama ini penyeberangan ke Pulau Bawean dilayani tiga kapal yaitu Kapal Express Bahari 8E, KM Natuna Express dan KMP Gili Lyang. Keberadaan kapal berukuran kecil itu dirasa tidak cukup untuk mengangkut para pemudik ke Pulau Bawean.

Selama arus mudik tidak ada kenaikan harga tiket penumpang, yaitu Rp 146.000 untuk penumpang eksekutif dan VIP RP 166.500 untuk Kapal Express Bahari 8E dan KM Natuna Express. Sementara harga tiket KMP Gili Lyang hanya Rp 74.000 karena ada subsidi.

Kepala KP3 AKP Suyatmi mengatakan, pemeriksaan barang bawaan akan dilakukan untuk pengamanan penumpang ke Pulau Bawean. “Kami siapkan anggota Polri untuk merazia penumpang yang membawa senjata tajam, miras dan kembang api,” kata Suyatmi. [zr]