Revitalisasi Alun-alun Gresik Dimulai Awal 2017

0
1,425 views
Ketua DPRD Kabupaten Gresik Abdul Hamid. (Foto: BG/Wan)
Ketua DPRD Kabupaten Gresik Abdul Hamid. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik untuk menjadikan alun-alun sebagai kawasan wisata religi tanpaknya bakal segera terealisasi. Bahkan, dana awal untuk perencanaan revitalisasi alun-alun ini sudah dialokasikan lewat APBD 2016.

Untuk perencanaan di atas, Pemkab mengalokasikan dana sebesar Rp1,4 miliar. Dana itu belum termasuk biaya perencanaan pembangunan Islamic Center di lima kecamatan sebesar Rp905 juta, yang saat ini masuk proses lelang.

Ketua DPRD Kabupaten Gresik Abdul Hamid mengatakan, pihaknya bersama pemerintah sepakat melanjutkan revitalisasi alun-alun. Proyek itu dimulai tahun depan. “Tahun 2016 ini masih tahap persiapan dan perencanaan,” kata Hamid di Gresik, Jumat (8/4/2016).

Pemerintah juga telah mengalokasikan dana sekitar Rp 500 juta untuk pembuatan rencana relokasi dan pembangunan gedung DPRD baru. Gedung yang ada di kawasan alun-alun akan dipindah ke kawasan Bunder.

Meski sampai sekarang belum resmi masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJMD) 2016-2021, Pemkab maupun DPRD Gresik telah memastikan bahwa revitalisasi alun-alun Gresik bakal direalisasikan.

Lebih lanjut Hamid menjelaskan, bahwa program itu juga sudah masuk dalam visi dan misi Bupati-Wabup Sambari Halin Radianto-Moh. Qosim pada periode pemerintahan 2016-2021. “Sehingga, tinggal masalah teknis saja,” jelasnya.

Saat ini yang perlu segera dikaji adalah skema penganggarannya. Sebab, menurut Hamid program revitalisasi tersebut membutuhkan dana yang sangat besar. Untuk itu, opsi yang disiapkan yakni pendanaan multiyears.

Kawasan alun-alun Gresik akan disulap menjadi area wisata religi dan heritage. Gedung DPRD dan kantor SKPD Pemkab Gresik di kawasan itu akan digusur dan dipindah ke kawasan Bunder. Tidak terkecuali Pendopo Kabupaten Gresik.

Selain membangun alun-alun, pada program ini, bangunan-bangunan lawas di seputaran alun-alun bakal difungsikan untuk wisata heritage. Gedung DPRD misalnya, bakal dipakai untuk perpustakaan dan destinasi sejarah.

Kawasan wisata kota lama ini nantinya terhubung langsung dengan kompleks makam Maulana Malik Ibrahim. Jadi, wisatawan yang berkunjung ke sana dapat langsung melanjutkan perjalanan wisatanya ke area religi dan heritage di seputaran alun-alun Gresik. (adv/wan)