Pemkab Siapkan Dana Rp15 Miliar Untuk Bandara Bawean

0
885 views
Wakil Bupati Gresik saat menghadiri acara Tasyakuran Sukses Pilkada Gresik di Pendopo Kecamatan Tambak Bawean, Selasa malam (8/3/2016). (Foto: BG/Abr)
Wakil Bupati Gresik saat menghadiri acara Tasyakuran Sukses Pilkada Gresik di Pendopo Kecamatan Tambak Bawean, Selasa malam (8/3/2016). (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik telah menyiapkan anggran sebesar Rp15 miliar untuk pembebasan lahan Bandara Harrun Thohir Bawean.

Pembebasan lahan itu terkait dengan rencana penambahan panjang landasan (runway) bandara. Saat ini diketahui panjang landasan Bandara Harun Thohir hanya sekitar 900 meter, sehingga belum bisa didarati pesawat berbadan besar.

Kesiapan anggaran itu diungkapkan Wakil Bupati Gresik M Qosim saat mengahadiri acara tasyakuran sukses pemilukada Gresik di pendopo Kecamatan Tambak Bawean, Selasa (08/3/2016).

Selain untuk pembebasan lahan milik warga, anggaran sebesar itu menurut M Qosim juga akan digunakan untuk perbaikan landasan pacu yang ada saat ini.

“Pak Sambari dan saya atas nama pemerintah Gresik telah menyiapkan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk pembebasan lahan dan perbaikan runway┬áBandara Bawean,” jelas Wabub dalam sambutannya.

Dia berharap dalam waktu dekat pembebasan lahan dan perbaikan runway bandara Bawean akan segera terealisasi, sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat Bawean.

“Dalam waktu tidak terlalu lama semua komponen akan tumbuh, tenaga kerja terserap, harga tanah sekitarnya pun akan naik,” ucapnya.

Dengan anggaran sebesar itu, runway sepanjang 900 meter yang ada saat ini bisa diperpanjang menjadi 1.200 meter, sehingga bisa didarati pesawat berkapasitas 80 orang penumpang.

“Nanti kalau runway-nya sudah 1.200 meter, maka bisa didarati pesawat berkapasitas 80 penumpang,” pungkasnya. (abr)