Kali Lamong Meluap, Enam Desa di Gresik Dilanda Banjir

0
1,141 views
Luapan Kali Lamong membuat enam desa di Kecamatan Benjeng, Gresik, dilanda banjir. (Foto: BG/Amn)
Luapan Kali Lamong membuat enam desa di Kecamatan Benjeng, Gresik, dilanda banjir. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Luapan air dari Kali Lamongan membuat enam desa di Kecamatan Benjeng, Gresik, dilanda banjir, Senin (8/2/2016). Tak hanya itu, luapan Kali Lamong juga menyebabkan Pasar Benjeng tergenang air setinggi 50 cm.

Banjir luapan Kali Lamong mulai masuk ke permukiman warga sejak pukul 02.00 Wib dini hari. Genangan air makin tinggi pada siang hari, sehingga warga tak bisa keluar rumah. Sebab, jalan yang ada sudah tergenang banjir setinggi 50 cm.

“Pada siang hari genangan air semakin tinggi dan warga tak bisa beraktivitas di luar rumah. Apalagi jalan yang ada di perkampungan sudah pada digenangi air,” kata Yayak Tahun, warga Ngablak Benjeng.

Banjir rendam enam desa di Kecamatan Benjeng. (Foto: BG/Amn)
Banjir rendam enam desa di Kecamatan Benjeng. (Foto: BG/Amn)

Enam desa di Kecamatan Benjeng yang tergenang banjir akibat luapan Kali Lamong meliputi Desa Delik Sumber, Desa Sedapur Klagen, Desa Bulak, Desa Benjeng, Desa Kedung Rukem dan Desa Benjeng.

Banjir diperkirakan semakin tinggi bila di daerah Mojokerto ataupun Jombang turun hujan. Sebab, air yang menggenangi permukiman warga, jalan desa dan Pasar Benjeng, serta lahan pertanian merupakan banjir akibat luapan dari Kali Lamong .

(Foto: BG/Amn)
(Foto: BG/Amn)

Joko Usman, warga Benjeng berharap agar pemerintah lebih serius mengatasi masalah luapan Kali Lamong. Apalagi kejadian seperti ini kerap terjadi setiap tahun. Banjir telah melumpuhkan aktifitas warga di Pasar Benjeng. (amn)