KPU Gresik Resmi Kenalkan Bentuk Surat Suara

0
700 views

KPU Gresik kenalkan bentuk surat suara

BeritaGresik.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik secara resmi mengenalkan bentuk surat suara Pilkada Gresik 2015 ke publik. Hal itu dilakukan setelah tiga pasangan calon menandatangani kesepatan bentuk surat suara.

Ketua KPU Kabupaten Gresik, Akhmad Roni, mengatakan bentuk surat suara yang akan digunakan dalam pilkada nantinya kotak persegi panjang, lalu terdapat gambar tiga pasangan calon.

Surat suara dilengkapi dengan “stiker hologram” berwarna perak yang diletakkan didepan lipatan surat suara. Keberadaan stiker hologram bernetuk bulat menandai keaslian surat suara tersebut.

“Terdapatnya stiker hologram berbentuk bulat ini adalah salah satu solusi agar surat suara nanti tidak dipalsu. Terkait bentuknya sudah disepakati bersama oleh masing-masing pasangan calon,” kata Roni, Jumat (6/11/2015).

KPU Gresik menargetkan suara itu akan tersebar merata ke berbagai wilayah pada akhir November 2015. target tersebarnya surat suara itu sesuai kesepakatan antara penyedia surat suara dengan KPU Gresik.

Komisioner Divisi Perencanaan Keuangan dan Logistik KPU Gresik Elvita Yuliati mengatakan, kesepakatan dibuat sejak awal oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP) dengan pemenang tender. Selanjutnya penyedia melakukan percetakan surat suara.

“KPU telah memanggil semua pasangan calon untuk melihat secara nyata desain kertas suara hari ini, agar tidak ada kekecewaan setelah surat suara disebar,” terang Elvita.

Sebelumnya, jumlah pemilih pada pelaksanaan Pilkada Gresik yang akan akan dihelat pada 9 Desember 2015 tercatat sesuai dengan DPT mencapai 921.440 orang. [ant/as]