Bawean, Asing di Negeri Sendiri Populer di Singapura

0
2,024 views

BeritaGresik.com – Di antara ribuan pulau yang ada di Indonesia, terdapat sebuah pulau di mana pulau ini masih asing di negeri sendiri, tapi sangat dikenal di negara Singapura, yaitu Pulau Bawean.

Pulau yang memiliki julukan Pulau Putri ini terletak di Laut Jawa, sekitar 80 Mil atau 120 kilometer sebelah utara Gresik.

Direktur Princess Cruises untuk Asia Tengggara, Mr. Farriek Tawfik mengatakan, orang Indonesia banyak yang tidak mengenal Pulau Bawean, tapi tidak sedikit orang Singapura yang mengetahui tentang Pulau Bawean.

Menurut dia, di Singapura orang Bawean dipanggil Boyan. “Di Singapura banyak Boyan, Kuala Lumpur juga banyak Boyan,” kata pria yang menjalani bisnis wisata kapal pesiar ini saat mengadakan diskusi media tentang wisata kapal pesiar di Hotel Pullman, Jakarta.

Lebih lanjut Tawfik menjelaskan, beberapa majelis Islam di Singapura juga banyak yang berasal dari Pulau Bawean. Bahkan, musik Boyan tahun 60-an pun sangat dikenal di Singapura.

Namun, kata dia, saat anak-anak muda Boyan di Singapura sudah tidak banyak yang mengetahui bahasa Bawean. Sedangkan kakek-kakeknya masih bisa.

“Generasi sekarang di singapura sudah tidak pandang lagi dari Boyan atau dari Jawa, semuanya Melayu. KTP pun sekarang semuanya Mele (Melayu),” ujar pria kelahiran Singapura ini.

Terkait sektor pariwisata yang sedang digalakkan pemerintah Gresik di Pulau Bawean, Tawfik mengaku sangat mendukung upaya itu dengan syarat tidak merusak tradisi lokal masyarakat Bawean.

“Kalau saya sih, pulau yang belum dijamah, masih asli, kalo ada turis nanti rusak, biarlah yang datang orang Bawean dan keluarga sendiri yang ke sana, karena kalau wisman sudah masuk pasti ada bir di pantai-pantai, rusak sudah,” tuturnya.

Jika Pulau Bawean nantinya memiliki fasilitas wisata, Tawfik menekankan agar minuman dan makanan yang tidak halal dilarang.

“Jangan jual makanan yang tidak halal, kalau orang Singapura mau ke Bawean, mereka bisa bermalam di hotel, tapi jual yang halal, karena tidak banyak pulau yang seperti Bawean,” jelas dia. [abr/republika]