Petrokimia Gresik Luncurkan Mobil Uji Kesuburan Tanah

0
572 views

Beritagresik.com – PT Petrokimia Gresik meluncurkan inovasi bidang pertanian berupa Mobil Uji Tanah. Mobil ini mampu menguji tingkat kesuburan tanah sehingga bisa mempermudah petani dalam memberikan pemupukan.

Manajer Riset PT Petrokimia Gresik Joko Utomo mengatakan, mobil ini merupakan sarana informasi bagi petani di Indonesia sekaligus bagian dari pelayanan pelanggan, agar petani mudah memberikan pupuk di setiap tanah yang diuji.

“Selama ini, petani merasa kesulitan dalam memilih jenis pupuk yang akan digunakan, dengan hadirnya mobil ini diharapkan mempermudah permasalahan itu,” ucap Joko di Gresik, Jumat (7/8/2015).

Dia menjelaskan, Mobil Uji Tanah secara resmi diluncurkan sebanyak empat unit dan disebar ke berbagai daerah seperti Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB dan NTT.

“Mobil ini akan kami sebar ke seluruh Indonesia, dan penggunaannya secara gratis, sehingga petani tidak perlu datang ke laboratorium dalam menguji kesuburan tanah,” ucapnya.

Peluncuran mobil tersebut dikatakan sebagai bagian dari jawaban atas banyaknya keluhan petani di Indonesia terkait kondisi kesuburan tanah. Karena itu, mobil ini diharapkan mampu membantu kegiatan pertanian.

“Inovasi mobil ini juga bagian dari upaya mendukung program ketahanan pangan nasional yang dicanangkan pemerintah, dan bagian komitmen perusahaan untuk mendukung upaya tersebut,” jelasnya. [ant/as]