Sadiq Khan Terpilih Jadi Walikota Muslim Pertama Kota London

0
218 views
Pemimpin muslim pertama di Inggris, Sadiq Khan unggul dalam pemilihan walikota London (foto: Twitter @HuffingtonPost)
Pemimpin muslim pertama di Inggris, Sadiq Khan unggul dalam pemilihan walikota London (foto: Twitter @HuffingtonPost)

BeritaGresik.com – Sadiq Khan mencatatkan namanya dalam sejarah setelah dipastikan yerpilih menjadi Walikota London. Khan merupakan pemimpin Muslim pertama di Ibukota Inggris.

Kemenangan Khan dalam pemilihan walikota pada Jumat (6/5/2016) waktu setempat menempatkan namanya sebagai muslim pertama di Inggris yang menjabat wali kota dan pemimpin muslim kedua di Eropa.

Berita ini langsung menorehkan 479 ribu tweets di akun media sosial Twitter. Tagar #London menjadi buah bibir teratas. Gegap gempita kemenangan Khan dirayakan di seluruh dunia.

“So proud and happy for London (first Muslim mayor). Also what a gorgeous morning!,” kicau Jonathan Khoo lewat akun @jonk.

Moment istimewa ini menjadi bukti demokrasi di negeri Ratu Elizabeth itu. “Great story but possible only in a western democracy,” tulis @tellstories.

Indonesia tak mau ketinggalan, bahkan Gubernur DKI Jakarta 2012-2017 Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok me-retweet berita seputar kemenangan Sadiq Khan sebagai Wali Kota London.

Melalui akun Twitter resmi miliknya @SadiqKhan, ia mengucapkan banyak terima kasih pada semua orang yang telah memilih Partai Buruh, dan siapapun yang berkampanye bersama mereka.

Sadiq Khan mencatatkan namanya dalam sejarah setelah dipastikan akan menjadi Walikota London. Khan masuk sejarah karena menjadi pemimpin Muslim pertama di Ibukota Inggris. (as)