Tips Aman Melihat Gerhana Matahari

0
729 views
Foto: Ilustrasi melihat gerhana matahari
Foto: Ilustrasi melihat gerhana matahari

BeritaGresik.com – Peristiwa gerhana matahari total (GMT) maupun gerhana matahari parsial atau sebagian di sejumlah wilayah Indonesia pada Rabu (9/3/2016) nanti, merupakan fenomena langka yang sayang bila dilewatkan.

Namun demikian, menyaksikan gerhana matahari secara langsung dengan mata telanjang beresiko mengalami kerusakan permanen pada mata. Karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat melihat gerhana matahari.

Pakar Astronomi dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Bintoro Anang Subagyo mengungkapkan beberapa cara aman untuk melihat peristiwa langka gerhana matahari yang dinilai sangat baik untuk disaksikan.

Menurut dia, dibutuhkan alat yang tidak mahal untuk melihat gerhana matahari dengan aman dan tidak mahal. “Kita bisa membuat pinhole, menggunakan kedok las, atau membeli kacamata khusus gerhana. Harganya saya rasa tak begitu mahal,” ungkap Anang, Rabu (7/3/2016).

Dia menjelaskan, pinhole bisa dibuat dengan memberikan lubang kecil pada kertas karton atau kardus yang ditempeli aluminium foil. “Lubang itu berfungsi menangkap sinar matahari untuk kemudian diproyeksikan pada kertas putih untuk pengamatan,” tandasnya.

Hal yang membahayakan, terang Anang, adalah menatap secara langsung proses gerhana matahari total. “Kalau saat matahari tertutup total tak masalah, tapi kalau matahari muncul kembali dengan intensitas cahaya tinggi dan pupil mata tidak siap, itu yang berbahaya,” katanya.

Tiindakan bahaya lainnya yakni melihat dengan hanya menggunakan kacamata hitam biasa. “Meski terkadang kita bisa melihat matahari secara langsung dengan kacamata hitam, namun pupil kita belum bisa beradaptasi sempurna untuk gerhana matahari,” ucapnya.

Anang menambahkan, alat bantu pengelihatan yang baik adalah yang mampu mereduksi cahaya hingga 100.000 kali. Kacamata hitam tidak mampu mereduksi sebanyak itu.

“Akibat yang ditimbulkan dengan melihat gerhana matahari dengan cara salah yang paling parah memanglah kebutaan,” imbuhnya. (as)