Ini Lokasi Terbaik Melihat Gerhana Matahari di Bawean

0
1,678 views
Bukit BalikbTerus Bawean. (Foto: BG/Abr)
Bukit Balik Terus, Bawean. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Kendati tidak termasuk 11 wilayah di Indonesia yang dilintasi gerhana matahari total, warga yang tinggal di Pulau Bawean tetap dapat menikmati fenomena langka gerhana matahari parsial atau sebagian.

Gerhana matahari diperkirakan akan terjadi selama dua sampai tiga jam. Untuk wilayah tengah Indonesia, gerhana matahari total akan terjadi pada pukul 07.25 WITA, sementara untuk wilayah timur Indonesia pada 08.36 WIT.

Khusus di Pulau Bawean, ada beberapa titik lokasi terbaik untuk menyaksikan gerhana matahari 9 Maret 2016. Pertama yakni di bukit Balik Terus. Bukit ini terletak di Desa Balik Terus, Kecamatan Sangkapura Bawean, Kabupaten Gresik.

Dengan ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan air laut, berada di bukit Balik Terus serasa berada di puncak Pulau Bawean yang dikelilingi bukit. Sementara bila mata memandang ke arah timur akan tertuju ke Pulau Noko Gili.

Dari puncak bukit Balik Terus, Anda juga dapat menyaksikan secara langsung pemandangan matahari terbit (sunrise) yang seakan muncul dari kedalaman air laut. Tentu itu merupakan pemandangan yang sangat indag dan menakjubkan.

Bukit Gundul di Desa Kepuh Teluk. (Foto: BG/Abr)
Bukit Gundul di Desa Kepuh Teluk. (Foto: BG/Abr)

Lokasi kedua, bukit Gundul di Desa Kepuh Teluk, Kecamatan Tambak. Bukit ini dipenuhi hamparan rerumputan yang agak miring dan berada tepat di pinggir pantai. Dari lokasi ini fenomena sunrise juga dapat terlihat dengan jelas karena langsung menghadap ke laut.

Gerhana matahari total adalah fenomena alam dimana posisi matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus. Kondisi ini menyebabkan sebagian permukaan bumi terkena bayangan gelap bulan dehingga tidak dapat melihat matahari.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, membutuhkan waktu selama periode 350 tahun bagi gerhana matahari total untuk kembali berlangsung di tempat yang sama. (abr)