237 Desa di Gresik Belum Serahkan Laporan Dana Desa 2015

0
1,153 views
Ilustrasi dana desa
Ilustrasi dana desa

BeritaGresik.com – Sebanyak 237 desa dari 330 desa yang ada di Kabupaten Gresik hingga kini belum menyerahkan laporan pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan anggaran dana desa (ADD) 2015.

Hal itu diketahui berdasarkan data yang dimiliki Perbendaharaan Dinas Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Gresik. Data itu menyebutkan dana desa 2015 yang telah dikucurkan untuk 330 desa sebesar Rp 91 miliar.

Dana tersebut bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Sementara terkait mekanisme pencairan, yakni dilakukan dalam tiga tahap hingga Oktober 2015 yang lalu.

Namun, hingga kini baru sebanyak 93 desa yang telah menyerahkan realisasi laporan pertanggungjawaban. Padahal, tidak lama lagi, dana desa untuk tahun ini akan segera cair, yskni Maret 2016.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, mekanisme pencairan dana desa 2016 akan melalui dua tahapan. Tahap pertama pada Maret sebanyak 60 persen dan tahap kedua pada Agustus sebesar 40 persen.

Tujuan perubahan ini adalah untuk memudahkan penyerapan dan laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran. Namun, mekanisme penyaluran masih sama, dari kementerian ke pemerintah desa melalui kabupaten. (wan)