Ribuan Warga Ramaikan Parade Juang Surabaya

0
664 views
Ribuan warga ikut menyemarakkan Parade Surabaya Juang 2016. (Foto: Istimewa)
Ribuan warga ikut menyemarakkan Parade Surabaya Juang 2016. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Ribuan warga ikut meramaikan Parade Surabaya Juang yang digelar untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November. Parade ini start dari Jalan Pahlawan menuju Taman Bungkul, Minggu (6/11/2016.

“Allahu Akbar, Merdeka,” pekik Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat membuka Parade Surabaya Juang 2016 yang diikuti warga Surabaya, mulai anak-anak hingga golongan lanjut usia itu.

Di sepanjang jalan, mereka berteriak “merdeka” dengan semangat. Mereka juga berlomba mengabadikan momen-momen perjuangan yang direkonstruksi ulang dengan kamera handphone.

Rismaharini berharap warga Surabaya bisa mengambil pesan penting dari agenda Parade Surabaya Juang 2016. Tidak hanya warga Surabaya, tapi para generasi bangsa di seluruh Tanah Air.

Risma berharap para generasi muda bisa tahu betapa beratnya potret perjuangan para pahlawan dalam pertempuran 10 November, yang terjadi pada 71 tahun silam. Dengan begitu, bisa lebih menghargai jasa-jasa para pahlawan.

“Pada 10 November 1945, arek-arek Suroboyo berani berjuang mempertahankan kemerdekaan dengan keterbatasan alat (senjata) dan juga sarana. Tapi, mampu mempertahankan kemerdekaan,” ucapnya.

Meski di era sekarang warga Surabaya tidak akan mengangkat senjata atau melakukan perang gerilya seperti para pejuang pada era kemerdekaan dulu, tetapi ia mengingatkan agat semangat juang yang diusung harus tetap sama.

Agenda Parade Surabaya Juang tahun ini sedikit berbeda dibanding tahun lalu. Bila dulu dimulai dari kawasan Tugu Pahlawan menuju Taman Surya, untuk tahun ini Parade Juang finish di Taman Bungkul.

Parade Surabaya Juang 2016 juga disemarakkan dengan parade 10 unit panser, jeep dan truk rampasan perang. Ada sekitar 6.000 orang dan juga 300 komunitas se-Indonesia yang terlibat. (ant/as)