Awali Kegiatan KKN di Bawean, Mahasiswa UGM Bersih-bersih Pantai

Belasan mahasiswa KKN UGM menggelar aksi bersih-bersih pantai bersama warga di Desa Diponggo, Tambak Bawean, Gresik, Jumat (5/7/2019). (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Belasan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Diponggo, Kecamatan Tambak Bawean, Kabupaten Gresik. Kegiatan ini diawali dengan aksi bersih-bersih pantai, Jumat (5/7/2019).

Kerja bakti ini disambut positif oleh warga setempat, jajaran perangkat desa bersama warga setempat. Warga pun langsung berbaur bersama mahasiswa ikut terjun ke pantai memungut satu persatu sampah-sampah yang benyak berserakan di kawasan pantai desa.

Rizki Maulana Muhammad, salah satu mahasiswa peserta KKN mengatakan, kegiatan bersih-bersih sampah ini merupakan salah satu agenda kegiatan peserta KKN yang akan diteruskan dengan program pengolahan sampah.

“Kegiatan bersih-bersih pantai bukan hanya kali ini saja, ini akan terus berlanjut. Jadi, selain menjaga kebersihan sampah, selanjutnya akan di follow up dengan kegiatan pengolahan sampah,” terang Rizki.

Lebih lanjut, mahasiswa semester 6 jurusan fisika ini juga menjelaskan, bahwa kegiatan KKN kali ini juga akan memberikan menyuluhan dan sosialisasi di bidang perikanan dan bahaya sampah terhadap ekosistem laut, utamanya ikan.

Kebersihan sampah di kawasan pantai, lanjut Rizki, harus senantiasa dijaga. Apalagi jika melihat keinginan warga desa yang mempunyai cita-cita bahwa Desa Diponggo akan dicanangkan sebagai desa penyangga wisata di Bawean.

“Warga desa ini ingin menjadikan desanya sebagai desa penyangga wisata, hal yang harus terus dijaga adalah kebersihan pantainya, kalau pantainya saja kotor wisatawan tidak akan mau datang kesini,” pungkasnya.

Kegiatan KKN mahasiswa UGM 2019 di desa Diponggo kali ini diikuti sebanyak 15 mahasiswa dari berbagai fakustas dan jurusan. Rencananya mereka akan mengaplikasikan ilmunya hingga 18 Agustus 2019 mendatang. (abr)

No Response