Budayawan Cak Nun: Umat Islam harus Kuasai Iptek

0
465 views

MALANG, BeritaGresik.com – Budayawan Emha Ainun Najib yang akrab dengan panggilan Cak Nun menekankan agar umat Islam harus menguasai teknologi dan ilmu pengetahuan. Dengan begitu, umat Islam akan mampu menguasai peradaban dunia.

“Seharusnya umat Islam itu memiliki peluang yang sangat besar untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu memimpin peradaban dunia. Apalagi semua ilmu pengetahuan jelas sudah tertera di dalam Al Quran,” kata Cak Nun dalam acara kajian Ramadhan bertajuk “Sinau Quran” di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Minggu (5/7) malam.

Menurut Cak Nun, Al Quran yang diwahyukan oleh Allah kepada Nabi Muhammad untuk menjadi pedoman hidup manusia. Karena itu, umat Islam tidak boleh tertinggal dalam hak penguasaan teknologi, namun jangan sampai meninggalkan Al Quran.

“Mari kita terapkan isi Al Quran dalam seluruh aspek kehidupan. Kita wajib menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, namun jangan meninggalkan kitab suci Al Quran,” tandasnya.

Lebih lanjut Cak Nun menjelaskan di dalam Al Quran, Islam itu satu, tidak terpecah dalam beberapa golongan, tidak ada istilah Islam nusantara dan lain sebagainya. “Yang ada di dalam Al Quran hanya Islam satu, utuh dalam satu kesatuan, jangan kemudian disalah artikan, yang menyebabkan umat Islam menjadi terpecah belah,” tegasnya.

Selain itu, Cak Nun juga menyampaikan bahwa nilai hakiki Al Quran wajib diikuti oleh seluruh umat Islam, karena kitab suci Al Quran itu menjadi pedoman kehidupan manusia dalam melakukan aktivitas sosial sehari-hari. “Al Wuran pun bisa menjadi pedoman umat Islam untuk bersatu,” katanya. [ant/as]