Raih Predikat WDP, DPRD Minta Penjelasan Pemkab

0
454 views

BeritaGresik.com – DPRD Gresik akan segera meminta penjelasan pemerintah kabupaten (pemkab) terkait perolehan penilaian wajar dengan pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Hal ini disampaikan Ketua DPRD Gresik, Abdul Hamid, Jumat (5/6/2015).

“Dalam waktu dekat akan segera kami perjelas. Apa sebenarnya yang menyebabkan penilain ini dan Gresik selalu memperoleh predikat WDP dari BPK,” kata Hamid.

Dia mengatakan, ada beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang dinilai lemah dalam mengelolah anggaran. SKPD yang dimaksud yakni Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pendapatan Pengelolahan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), dan Dinas Pendidikan (Disdik).

“Saran saya setiap SKPD segera menyelesaikan laporan keuangannya. Sebab, jika tidak segera diperbaiki predikat memperoleh WDP akan terus melekat,” tuturnya.

Hamid menambahkan, salah satu contoh SKPD yang masih dianggap lemah mengelolah anggaran adalah Dishub dengan permasalahan pungutan jasa tambat dan jasa labuh di PT Pelindo III (persero) Cabang Pelabuhan Gresik.

Padahal, permasalahan itu terjadi pada tahun 2011. Selanjutnya, permasalahan bantuan operasional siswa (BOS) di Disdik Gresik. “Dari semua SKPD yang kami sebut yang menjadi sorotan utama adalah DPU Gresik. Sebab, di instansi tersebut mengelolah anggarannya masih lemah,” imbuhnya. [ZR]