Diskreditkan HMI, Saut Situmorang Dituntut Mundur dari KPK

0
370 views
Pimpinan KPK Saut Situmorang (Foto: liputan6.com)
Pimpinan KPK Saut Situmorang (Foto: liputan6.com)

BeritaGresik.com – Pernyataan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang ketika menjadi narasumber di stasiun TV One pada Kamis malam (5/5/2016), dikecam Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Rakornas KAHMI). Saut dinilai telah mendiskreditkan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Penyebutan HMI dalam konteks pembicaraan Saut dianggap telah merugikan nama baik HMI lantaran melakukan generalisasi bahwa kader HMI yang sudah mengikuti Latihan Kader (LK I) melakukan korupsi.

“Pernyataan tersebut sangat tendensius dan merupakan pembunuhan karakter serta mendeskreditkan HMI,” demikian bunyi siaran pers hasil Rapat Koordinasi Nasional III Majelis Nasional KAHMI Purwakarta, yang diterima redaksi beritagresik.com, Jumat (6/5/2016).

Selaku pejabat publik atau aparat penegak hukum, Saut dinilai sangat tindak pantas mengeluarkan pernyataan seperti itu. Karena itu, KAHMI menuntut Saut meminta maaf kepada HMI melalui media massa cetak dan elektronika nasional selama lima hari berturut-turut.

Saut juga dituntut mundur dari jabatan pimpinan KPK. Tak hanya itu, KAHMI akan melaporkan Saut ke Majelis Kode Etik KPK, serta menempuh upaya hukum dan melaporkan ke Mabes Polri. (as)