Kapal Bermuatan Pupuk Kandas di Alur Pelayaran Barat Surabaya

0
814 views
Kapal kandas ganggu akses ke pelabuhan Gresik. (Foto: BG/Wan)
Kapal kandas ganggu akses ke pelabuhan Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Kapal Motor Anda Jaya yang mengangkut puluhan ribu ton pupuk kandas di alur Pelayaran Barat Surabaya. Rencananya, kapal berbendera Cina itu akan berlabuh di salah satu dermaga yang ada di Gresik.

Kapal Motor Anda memiliki panjang 190 meter dan lebar 32 meter, dengan bobot 27.763 ton. Kapal ini kandas diduga karena di titik koordinat 7 derajat 08.189 s dan koordinat 122 dearajat 39.641 e terdapat sebush gundukan di dasar laut.

Gundukan telah menyebabkan kedalaman air di titik tersebut hanya 10 meter. Akibatnya, ketika kapal melewati di atas gundukan tersebut, akan kandas.
Sementara di kanan kiri kapal yang kandas, kedalaman air laut mencapai 20 meter.

Saat kejadian, kapal yang mengangkut 44 ribu ton pupuk dari China tersebut akan melakukan bongkar muat di Pelabuhan Wilmar Nabati Indonesia. Demikian dikatakan Nanang Efendi, Humas Syahbandar Gresik.

Kandasnya kapal di jalur lalu lintas keluar masuk di alur pelayaran barat Surabaya, tentu mengganggu kapal yang hendak masuk dan keluar menuju Surabaya maupun Gresik. Apalagi di sekitar lokasi kandasnya kapal, banyak kapal yang lego jangkar. (wan)