Perang Survei Jelang Pilkada Gresik 2015

0
898 views
Ilustrasi survei
Ilustrasi survei

BeritaGresik.com – Perang survei terlihat jelang pelaksanaan pilkada serentak. Sejumlah lembaga survei mulai sibuk mengukur elektabilitas tiga pasangan calon bupati dan calon wakil bupati yang berpeluang memenangi Pilkada Gresik 9 Desember 2015.

Sebelumnya Lingkaran Survei Indonesia(LSI) menempatkan elektabilitas pasangan nomor urut 1 Sambari Halim Radianto-Moh Qosim(SQ) di urutan teratas yakni 56%, lalu nomor urut 2 Husnul Khuluq-Ach Rubaie (Berkah) 17% dan nomor urut 3 Ahmad Nurhamim-Junaidi (Arjuna) 6%.

Tak berselang lama sejak LSI merilis hasil survei yang menempatkan pasangan SQ di posisi teratas, kini muncul hasil survei yang dilakukan Lembaga Pusat Kajian Sosial (LPKS). Hasil survei LPKS menempatkan pasangan Berkah unggul dengan perolehan elektabilitas sebesar 49,4%.

Perolehan elektabilitas di atas bukan kali pertama ditunjukkan oleh kedua lembaga survei. Sebelumnya, baik LSI maupun LPKS juga sudah pernah merilis hasil survei tiga calon bupati dan wakil bupati Gresik. Hasilnya, survei LSI menunjukkan SQ unggul atas dua pesaingnya.

Demikian pula hasil survei yang dirilis LPKS pada 19 Agustus 2015. Waktu itu, survei LPKS menunjukkan pasangan Berkah unggul atas pasangan SQ dan Arjuna, dengan perolehan elektabilitas 39%. Kedua lembaga survei tentu berangkat dari metodologi yang tak jauh beda.

Terlepas dari perbedaan hasil survei di atas, publik Gresik tentu punya pandangan dan penilaian tersendiri tentang ketiga pasangan calon yang saat ini bertarung. Penilaian itu dapat dilihat melalui jejak rekam yang dimiliki masing-masing calon, entah itu kelebihan dan kekurangan.

Namun, publik Gresik harus cermat dan cerdas dalam menentukan pilihan, sebab suara mereka akan menentukan kepemimpinan Gresik nantinya. Pilihan mereka juga berpengaruh atas pembangunan dan kesejahteraan warga Gresik setidaknya untuk lima tahun ke depan.

Survei hanya salah satu alat ukur dalam menentukan pilihan. Semua terpulang kepada mereka yang memiliki hak pilih dalam Pilkada Gresik 2015. Selamat memilih! [as]