Jumlah Saksi Pilkada Gresik Capai 4.286 Orang

0
562 views
Ilustrasi saksi di tps
Ilustrasi saksi di TPS

BeritaGresik.com – Jumlah saksi dari seluruh pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada Gresik diperkirakan mencapai 4.286 orang. Angka itu diperoleh berdasarkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang mencapai 2.193 lokasi.

Komisioner Divisi Sosialisasi dan Data KPU Gresik Makmun mengatakan, jumlah itu masih ditambah saksi untuk tingkat kecamatan sebanyak 4 orang. Dengan begitu, total ada penambahan sebanyak 72 orang.

Menurut dia, jumlah itu hasil dari pembatasan jumlah saksi yang diterapkan KPU. Jumlah saksi yang boleh berada di TPS maksimal dua orang dengan bergiliran. Sedangkan untuk jumlah saksi di tingkat kecamatan maksimal empat orang.

“Kami lakukan pembatasan untuk menertibkan jumlah orang yang berada dalam area pencoblosan maupun penghitungan suara, sehingga bisa meminimalisir potensi konflik antar pendukung calon,” kata Makmun, Sabtu (5/12/2015).

Setiap saksi juga harus tercatat dan memiliki surat rekomendasi dari tim pemenangan pasangan calon. Surat itu kemudian harus ditunjukan kepada KPPS di TPS maupun PPK maksimal pukul 12.00 WIB saat hari pencoblosan.

“Untuk itu kami mengingatkan kepada seluruh tim pemenangan pasangan calon untuk segera menyerahkan data saksinya agar nanti tidak terjadi persoalan,” pungkasnya. [ant/zr]