Tambang Batu Ancam Wisata Pemandian Ratu di Bawean

0
1,336 views
Sejumlah orang terlihat sedang melakukan aktifitas penambangan di kawasan wisata air terjun pemandian Ratu di Pulau Bawean. (Foto: BG/Abr)
Sejumlah orang sedang melakukan aktifitas penambangan di lokasi wisata air terjun pemandian Ratu di Pulau Bawean. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Penambangan batu yang dilakukan di kawasan wisata pemandian ratu yang terletak di desa Suwari kecamatan Sangkapura Bawean, Gresik nampaknya perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah.

Bagaimana tidak, penambangan yang sudah berlangsung bertahun-tahun itu, kini mulai merambah dan merusak bebatuan pemandian ratu itu sendiri.

Seperti yang terlihat pada Selasa (4/10/2016), sekitar enam orang pelaku tambang batu mulai mencongkel batu-batu yang tertata di kawasan air terjun pemandian ratu. Akibatnya, keindahan bebatuan kawasan itu mulai rusak.

(Foto: BG/Abr)
(Foto: BG/Abr)

Pantauan di lapangan, aktifitas tambang batu di kawasan pemandian ratu dilakukan pada tengah hari disaat kawasan wisata itu sepi pengunjung. Selanjutnya, batu-batu tersebut diangkut menggunakan mobil bak terbuka.

Bebatuan terlihat rusak dan berantakan akibat ditambang. (Foto: BG/Abr)
Bebatuan terlihat rusak dan berantakan akibat ditambang. (Foto: BG/Abr)

Menanggapi aktifitas penambangan batu di lokasi pemandian ratu, Camat Sangkapura Abdul Adim berjanji akan segera melakukan koordinasi dengan kepala desa setempat.

“Terima kasih informasinya, saya akan langsung berkoordinasi dengan kepala desa Suwari,” jawabnya. (abr)