Idul Adha, Pemkab Gresik Siapkan 125 Ekor Hewan Kurban

0
700 views

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik menyiapkan sebanyak 125 ekor hewan kurban pada Hari Raya Idul Kurban  1436 H tahun ini. Hewan kurban sengaja ini disiapkan untuk masyarakat.

Hal itu dikemukakan Kabag Kesra Pemkab Gresik, Khusaini. Menurut dia, pengadaan hewan kurban sebanyak itu dilakukan dengan cara lelang terbuka. Hewan kurban tersebut terdiri atas 25 ekor sapi dan 100 ekor kambing.

“Kami lakukan lelang terbuka lewat ULP untuk pengadaan 25 ekor sapi dan 100 ekor kambing, karena aturannya seperti itu, ” kata Khusaini pada Jumat (4/9).

Dia menjelaskan, pelaksanaan lelang diserahkan ke unit layanan pengadaan (ULP) Pemkab Gresik. CV Berkat Bersaudara disebut sebagai pemenang pengadaan hewan kurban sapi dan CV Tibra Baswara untuk lelang hewan kurban kambing.

Guna meyakinkan jika hewan kurban tersebut sudah sesuai dengan spek yang dibutuhkan, kata Khusaini, petugas Bagian Kesra telah melakukan survei ke wilayah tempat hewan-hewan kurban itu diambil.

Hewan kurban jenis sapi diambil dari beberapa wilayah di Jawa Timur seperti Madura, dan lainnya. Sedangkan hewan kurban kambing diambilkan dari beberapa kabupaten di Jatim seperti Gresik, Bondowoso dan lainnya.

“Hewan-hewan kurban itu sudah kami cek satu persatu, dan semuanya sudah sesuai spek. Kami akan memberikan tanda khusus pada hewan-hewan kurban tersebut,” pungkasnya. [wan]