Warga Tambak Bawean Mulai Siapkan Perlengkapan Pawai Takbiran

0
1,708 views

BeritaGresik.com – Meski lebaran masih tinggal dua pekan lagi, berbagai persiapan menyambut datangnya hari kemenangan sudah mulai dilakukan oleh sebagian masyarakat Bawean. Salah satunya dengan membuat berbagai seni miniatur yang nantinya akan diarak di jalanan pada malam takbiran.

Tradisi membuat berbagai bentuk miniatur ini sudah berlangsung cukup lama. Umumnya setiap kampung atau desa menampilkan miniatur dengan beragam bentuk, seperti miniatur Kabah, masjid, Ikan, kapal dan sejumlah bentuk lainnya.

Persiapan menyambut malam takbiran ini salah satunya mulai dilakukan masyarakat Dusun Tambak Tengah, Desa Tambak. Mereka memilih untuk menampilkan seni miniatur sepanjang 10 meter berbentuk Dinosaurus yang terbuat dari bambu.

Salah seorang warga Dusun Tambak Tengah, Rahman, menurturkan, dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk membuat miniatur binatang Dinosaurus. Karena itu, warga setempat mulai membuat miniatur tersebut meski Lebaran tinggal dua pekan lagi.

“Saya perkirakan untuk membuat Dinosaurus ini butuh waktu sekitar dua minggu, pertama dimulai dengan pembuatan rangka, laku kulit luar dan penghiasannya”, tutur Rahman kepada BeritaGresik.com di Tambak, Sabtu (4/7).

Kendati terlihat sederhana, kebutuhan anggaran untuk keperluan membuat miniatur tidaklah murah. Setidaknya mereka harus menyiapkan dana sekitar Rp 2 juta. Dana itu diperoleh dari hasil iuran warga setempat. “Anggarannya dari iuran warga secara sukarela”, jelasnya.

Rahman berharap buah karya seninya bersama warga setempat menambah kemeriahan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. “Kami berharap semoga kegitan ini dapat memberikan sumbangsih dalam memerihkan malam takbiran nanti”, pungkasnya.

Kebiasaan sebagian masyarakat Bawean membuat miniatur dalam beragam bentuk seperti ini sudah menjadi tradisi tahunan. Biasanya miniatur itu diarak oleh warga di malam Idul Fitri sembari mengumandangkan gema takbir, tahlil dan tahmid. [abr]