Warga Bawean Resah Calo Tiket Kapal Merajalela

0
792 views
Kapal penyeberangan rute Gresik-Bawean (Foto: Dok. BG)
Kapal penyeberangan rute Gresik-Bawean (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Maraknya praktik calo tiket kapal laut yang melayani penyeberangan Gresik-Bawean akhir-akhir ini membuat warga Bawean resah. Para calo menjual tiket hampir dua kali lipat dari harga yang telah ditetapkan.

Hakam, salah seorang warga Bawean mengaku terpaksa membeli tiket kapal Express Bahari Rp 250.000. Padahal, harga yang ditentukan per satu tiket kapal penyeberangan hanya Rp 149.500.

“Tiket kapal Bahari hari ini aku beli Rp 250.000, harga tertera di tiket Rp 149.500,” ungkap Hakam, melalui akun sosial Facebook miliknya, Minggu (5/6/2016).

Atas kejadian ini, ia mempertanyakan anggota DPRD Kabupaten Gresik dari Pulau Bawean yang dinilai tidak peduli atas nasib masyarakat Bawean. Dia juga mempertanyakan Bupati Gresik yang seolah tidak tahu dengan kondisi ini.

“Anggota DPRD Gresik dari Bawean kemana…. Anda kok… tega membiarkan ksmi…? Pak Bupati Gresik dan apa gak ada yang laporan sama sampean…?” Tanya Hakam.

Selain itu, ia juga mempertanyakan pihak operator kapal terkait maraknya praktik calo tiket ini. Hakam meminta perusahaan penyedia kapal agar profesional dalam melayani warga Bawean atau para calon penumpang.

Menurut Hakam, bukan hanya dirinya yang terpaksa membeli tiket kapal dengan harga selangit. Dia menuliskan, ada penumpang yang membeli tiket Rp 175.000. Bahkan, ada yang membeli tiket kapal dengan seharga Rp 200.000.

Sementara itu, Ainur Acit Han melaui akun sosial Facebook miliknya meminta para pemangku kepentingan agar menyikapi permasalahan calo tiket kapal. Sebab, tiket kapal laut yang ada sekarang dijual melebihi harga normal.

“Pak, tolong uruskan masalah harga tiket kapal ke Bawean. Sekarang sudah tak ikut harga tetap. Sudah calo semua yang beli, harga tiket tinggi sekali,” tulis Ainur. (as)