Membludak, Banyak Wisatawan Tak Kebagian Tiket Kapal ke Bawean

0
972 views
Terminal penumpang pelabuhan Gresik. (Foto: BG/Zr)
Terminal penumpang pelabuhan Gresik. (Foto: BG/Zr)

BeritaGresik.com – Memasuki masa libur panjang, kunjungan ke Pulau Bawean melonjak drastis. Akibatnya, banyak wisatawan yang gagal berangkat lantaran tak kebagian tiket kapal penyeberangan menuju Pulau Bawean.

Berdasarkan pantauan beritagresik.com di terminal penumpang Pelabuhan Gresik, banyak di antara para wisatawan atau calon penumpang kapal yang kecewa karena sudah tidak kebagian tiket.

Banyaknya jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Bawean memasuki libur panjang ini tidak sebanding dengan daya tampung manivest kapal cepat Expres Bahari yang hanya mampu mengangkut sebanyak 350 penumpang.

Sulitnya memperoleh tiket salah satunya dialami wisatawan asal Australia. Dia mengaku kecewa karena rencana untuk berkunjung ke Pulau Bawean terkendala masalah tiket lapal. Apalagi, dia sudah datang jauh-jauh dari Pulau Dewata Bali.

Praktik Calo

Membludaknya calon penumpang kapal laut ke Pulau Bawean ternyata juga dimanfaatkan oleh para calo tiket untuk meraup keuntungan. Pantauan di lapangan, banyak ditemukan penjualan tiket dengan harga yang cukup mahal.

Tidak tanggung-tanggung, beberapa calo bahkan menawarkan harga tiket hingga dua kali lipat dari harga normal, yang hanya sekitar Rp 150.000. Di tangan para calo, harga tiket kapal laut ke pulau Bawean bisa mencapai Rp 300.000.

Di atas kapal Expres Bahari. (Foto: BG/Zr)
Di atas kapal Expres Bahari. (Foto: BG/Zr)

Tontonan di Atas Kapal

Ternyata tidak semua penumpang kapal laut ke Pulau Bawean senang dengan tontonan yang disuguhkan di atas kapal. Salah seorang penumpang kapal Expres Bahari mengeluhkan live music yang hanya mempertontonkan goyangan.

“Mending mempertontonkan kekayaan wisata Bawean, seperti mandiling, hadrah, pencak silat atau lokasi-lokasi wisata si Pulau Bawean,” kata penumpang yang tak ingin disebut namanya. (zr)