Berlaku Seumur Hidup, Pemohon E-KTP di Gresik Melonjak

0
707 views
Kantor Dispendukcapil Kabupaten Gredik dibanjiri pemohon, Jumat (5/1/2016). (Foto: BG/Wan)
Kantor Dispendukcapil Kabupaten Gresik dibanjiri pemohon perekaman E-KTP, Jumat (5/1/2016). (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.comĀ – Permintaan untuk perekaman E-KTP di Gresik melonjak drastis. Itu terjadi sejak dikeluarkannya surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang menyatakan bahwa E-KTP berlaku seumur hidup.

Surat edaran Mendagri itu menegaskan sekaligus menjawab keraguan sebagian pihak terkait masa akhir berlaku E-KTP yang tertera pada kartu.

Kepala Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Kadispenduk Capil) Kabupaten Gresik Hermanto TH Sianturi mengatakan, dalam Undang-Undang jelas disebutkan terkait E-KTP.

“SE Mendagri ini bentuk penegasan, sebab masih ada keraguan dari beberapa pihak mengenai keabsahan validitas KTP Elektronik, utamanya yang di kartunya tertulis tahun berakhir. Tetap berlaku walaupun sudah terlewati tahunnya,” kata Hermanto di Gresik, Jumat (5/1/2016).

Surat Edaran Mendagri tentang KTP Elektronik berlaku seumur hidup itu dikeluarkan 29 Januari 2016. Isi surat menyebutkan, sesuai UU Nomor 24/2013 pasal 64 Ayat (7) Huruf A mengamatkan KTP Ekektronik WNI masa berlakunya seumur hidup.

Selanjutnya KTP Elektronik yang sudah ditertibkan sebelum UU itu ditetapkan berlaku seumur hidup.

Menanggapi surat edaran tersebut, Hermanto mengatakan, pihaknya segera menindaklanjuti SE Mendagri supaya bisa menjangkau madyarakat lebih luas maupun pihak terkait yang berkepentingan.

Mendengar masa berlaku E-KTP seumur hidup, Kantor Dispendukcapil Kabupaten Gresik dibanjiri pemohon. Dari data yang diperoleh pada Januari 2016, pemohon perekaman E-KTP di Gresik sebanyak 1.635 pemohon. (Wan)