BNPB: Waspadai Banjir Susulan Bengawan Solo

0
339 views
Petugas BNPB saat mengevakuasi barang milik korban banjir di Bungah, Gresik. (Foto: Istimewa)
Petugas BNPB saat mengevakuasi barang milik korban banjir di Bungah, Gresik. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada masyarakat agar tetap mewaspadai banjir susulan luapan Bengawan Solo di daerah hilir, Jawa Timur.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, bahwa banjir masih berpotensi terjadi di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo, sehingga perlu diantisipasi.

“Masyarakat kami himbau untuk selalu waspada mengantisipasi banjir susulan mengingat potensi hujan akan terus meningkat,” kata Sutopo melalui berita release, Minggu (4/12/2016).

Menurut dia, saat ini BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus melakukan koordinasi untuk penanganan darurat bersama unsur lainnya dalam menghadapi banjir luapan Bengawan Solo di daerah hilir Jawa Timur.

“Kami minta  orangtua hendaknya selalu mengawasi anak-anaknya agar tidak bermain di sekitar lokasi banjir agar tidak timbul korban jiwa,” tuturnya.

Banjir luapan Bengawan Solo di hilir Jawa Timur, menimbulkan korban jiwa yaitu Bagus Aji (17) warga Desa Kedungsoko, Kecamatan Plumpang, Tuban. Ia ditemukan tewas tenggelam di Bengawan Solo, Sabtu (3/12) pukul 12.00 WIB.

Luapan Bengawan Solo juga merendam beberapa wilayah di Kabupaten Gresik, seperti di Desa Bungah, Kecamatan Bungah. Selain menggenangi permukiman warga, banjir di Gresik merendam jalan raya dan areal perranian milik warga. (as)