Tim Berkah Gelar Sayembara Tangkap Pelaku Politik Uang

0
682 views
Foto: BG/Wan
Foto: BG/Wan

BeritaGresik.com – Seminggu jelang pelaksanaan Pilkada Gresik 2015, parpol PDIP, PAN, dan Gerindra mengadakan sayembara tangkap pelaku money politic (politik uang). Sayembara ini digelar guna menekan praktik curang dalam pilkada.

“Sayembara itu mulai berlaku saat ini sampai coblosan 9 Desember 2015 nanti. Prilaku money politic sama saja merendahkan martabat karena menjadi benalu demokrasi dan menciptakan korupsi,” kata Abdul Wahid Asy’ari dari tim pemenangan Berkah, Jumat (4/12/2015).

Bagi warga yang berhasil menangkap pelaku money polic atau politik uang akan ditukar sepuluh kali lipat besaran uang yang deterima. Syaratnya mudah, warga hanya perlu menyertakan bukti berupa video, foto, maupun bukti lain yang menguatkan.

Diakui Abdul Wahid Asy’ari, alasan pihaknya mengadakan sayembara ini tidak lain untuk menekan tingginya money politic selama pelaksanaan pilkada. Terlebih lagi pada saat pencoblosan yang dinilainya sangat rawan terjadi praktik politik uang.

Sementara itu, M Sholeh, SH. selaku kuasa hukum menilai, pilkada serentak sangat rawan dengan prakting kecurangan termasuk politik uang. “Jadi sayembara ini demi pelaksanaan pilkada yang demokratis,” tegasnya. [wan]